Kalah dari Bosnia, Shin Tae-yong Temukan Kelemahan Lain Timnas U-19

Timnas U-19 Indonesia menelan kekalahan pada uji tanding lawan timnas U-19 Bosnia & Herzegovina, Jumat (25/9/2020). Tim asuhan Shin Tae-yong takluk 0-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, tersebut.

Satu-satunya gol tercipta pada babak pertama, tepatnya menit ke-19. Berawal dari tendangan bebas Ivan Basic di sektor kiri pertahanan timnas U-19 Indonesia, Komang Tri bermaksud menyapu bola yang meluncur ke tiang jauh. Namun, karena tak sempurna, dia justru membelokkan bola ke dalam gawang Erlangga Saputra.

Selepas pertandingan, Shin Tae-yong secara impisit mengakui satu kelemahan yang terlihat pada laga melawan Bosnia & Herzegovina. Itu adalah materi pemain yang tak merata. Hal itu terlihat dari komentarnya mengenai perbedaan performa pada babak pertama dan kedua.

“Babak pertama kita akui permainan berbeda dengan babak kedua,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi PSSI. “Kami masih banyak PR yang harus diselesaikan.”

Permainan pada babak pertama tak terlalu berkembang karena Shin Tae-yong melakukan perubahan besar-besaran. Dari dua starting XI saat melawan timnas U-19 Qatar, hanya kapten David Maulana yang dipercaya tampil sebagai starter saat lawan Bosnia & Herzegovina.

Perubahan permainan pada babak kedua tak terlepas dari pergantian sejumlah pemain. Di antaranya Bagas Kaffa dan Pratama Arhan yang mengisi kedua sisi pertahanan. Juga Irfan Jauhari yang mengisi lini depan. Keberadaan mereka membuat timnas U-19 Indonesia bermain lebih baik.

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong tetap puas. Dia menilai David Maulana cs. telah menunjukkan kerja keras di lapangan. Skor yang hanya 0-1 jadi salah satu buktinya. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, hasil akhir bukanlah satu-satunya tolok ukur.

“Memang kita kalah, tetapi pemain sudah bekerja keras,” ucap Coach STY yang sejak awal memang mengisyaratkan bakal melakukan rotasi saat melawan Bosnia & Herzegovina. “Untuk pertandingan selanjutnya, kami ingin pemain dapat berkembang semakin baik lagi.”

Setelah menghadapi Bosnia & Herzegovina, timnas U-19 Indonesia akan kembali menjalani uji tanding pada Senin (28/9/2020). Tim asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan menghadapi tim U-19 Dinamo Zagreb, salah satu klub papan atas Kroasia.