‘Mimpi Buruk’ Masa Lalu Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-19 Lawan Bosnia

Menjelang pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Bosnia, pelatih Shin Tae-yong dihantu mimpi buruk saat dia masih menukangi Timnas Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan akan menantang Bosnia dalam pertandingan uji coba yang digelar di Sveti Martin na Muri, Kroasia, Jumat (25/09/20).

Pada pertandingan ini, Bahgus Kahfi dkk diharapkan bisa memetik kemenangan setelah baru mencatat satu kemenangan dari lima laga yang dijalani. Empat laga lainnya berakhir dua kalah, dua imbang.

Timnas Indonesia U-19 bisa dikatakan masih buta kekuatan Bosnia, namun tetap percaya bahwa mereka bisa tampil baik. Namun bagi Shin Tae-yong, Bosnia pernah memberi kenangan pahit.

Pelatih asal Korea Selatan itu rupanya pernah dikalahkan Bosnia saat dia masih menjalani tugasnya sebagai pelatih timnas Korea Selatan pada 2018 silam.

Kekalahan ini terjadi menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu, Timnas Korea Selatan melakoni uji coba dengan Bosnia di Stadion Piala Dunia Jeonju, 1 Juni 2018. 

Bagi tim berjuluk Taeguk Warriors, Bosnia dianggap terlalu kuat yang menyebabkan skuat Shin Tae-yong tumbang 1-3 di kandang sendiri. Ketiga gol Bosnia kala itu berhasil diborong oleh Edin Visca, sedangkan Korea hanya bisa membalas lewat Lee Jae Sung.

Shin Tae-yong tentunya tidak ingin momen pahit ini terulang lagi saat dirinya mengawal Timnas Indonesia U-19 dalam melakoni laga uji coba yang keenam selama mereka menjalani pemusahan latihan di Kroasia.

Laga melawan Bosnia bukan jadi pertandingan terakhir yang akan dilakoni Timnas U-19. Sebagai laga terakhir atau yang ketujuh, Indonesia sudah ditunggu oleh klub Dinamo Zagreb pada Senin (28/09/20).

Setelah itu, Shin Tae-yong bakal memboyong skuatnya menuju Turki. Di sana mereka bakal menjalani sejumlah laga uji coba demi persiapan tampil di Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia.