Stok Striker Persebaya Surabaya Menipis, Aji Santoso Putar Otak

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso kini harus memutar otak lebih keras lagi setelah ia terancam mengalami krisis penyerang saat menghadapi PSS Sleman dalam laga perdana lanjutan Liga 1 2020 pada 1 Oktober.

Krisis di lini depan itu muncul setelah Mahmoud Eid diragukan tampil pada partai pembuka lanjutan kompetisi tersebut. Eid mendapatkan cedera ketika menjalani pertandingan uji coba akhir pekan kemarin.

Aji mengatakan, ia sudah berdiskusi dengan sang pemain dan staf medis mengenai perkembangan kondisi Eid. Menurut Aji, ia tidak akan memaksakan pemain berpaspor Palestina ini tampil di laga perdana. Hingga kemarin, Eid hanya menjalani terapi bersama fisioterapis tim.

“Dia masih belum bisa latihan. Saya tanyakan, dia bilang masih terasa sakit. Saya tidak mau memaksakan kalau dia memang tidak 100 persen,” ungkap Aji dilansir laman resmi klub.

“Tentunya kalau memang dia tidak [bisa] 100 persen melawan Sleman, tidak akan saya masukkan line up. Lebih baik nanti saja saat lawan Arema ketika dia dalam kondisi yang bagus.”

Aji mengakui kondisi itu membuat dirinya harus memutar otak lebih keras agar bisa menemukan komposisi pemain maupun strategi yang ideal di barisan depan. Sebab, saat ini praktis Persebaya hanya memiliki Patrich Wanggai di lini depan.

Di lain sisi, Aji belum bisa memastikan bisa memainkan David Da Silva. Penyerang asal Brasil ini sudah menyetujui pembaharuan kontrak, dan kini sedang mengurus dokumen untuk terbang ke Indonesia. Hanya saja, belum diketahui waktu yang dihabiskan untuk pengurusan dokumen tersebut.

“Lini depan sementara ini memang sedang krisis pemain. Kalau Mahmoud tidak bisa main, ya pasti saya akan mencari alternatif lain. Memang stok kami menipis dengan belum datangnya David. Jumlah pemain depan kami akan berkurang dengan absennya Mahmoud, striker hanya satu si Patrich saja,” beber Aji.

Sementara itu Persebaya kemarin menggelar latihan dengan intensitas menengah. Makan Konate dan kawan-kawan lebih banyak digembleng dalam menyelesaikan peluang. Aji mencoba variasi serangan mulai dari skema umpan silang hingga tendangan jarak jauh.