Shin Tae-Yong Bakal Rotasi Habis Timnas U-19 Saat Melawan Bosnia

Timnas Indonesia U-19 akan kembali melakukan uji tanding pada pemusatan latihan (TC) mereka di Kroasia. Setelah bermain imbang kontra Qatar, berikutnya Garuda Muda bakal menghadapi Bosnia-Herzegovina.

Partai tersebut bakal dilaksanakan di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Jumat (25/9) malam WIB. Pertandingan ini adalah uji coba keenam untuk timnas U-19, selama mereka menjalani TC di Kroasia.

Pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong, mengisyaratkan bahwa akan terjadi rotasi besar-besaran pada partai kontra Bosnia-Herzegovina. Memang, beberapa pemain belum mendapatkan menit bermain selama di sana.

“Besok melawan Bosnia-Herzegovina, kembali kami ingin terus melihat perkembangan pemain. Kami akan memberikan kesempatan kepada pemain yang belum pernah bermain untuk tampil,” ungkap Tae-yong, dinukil situs resmi PSSI.

Selama ini banyak warganet yang penasaran dengan aksi pemain timnas U-19 yang minim menit bermain ketika di Kroasia, atau bahkan belum dicoba. Salah satunya gelandang berdarah Inggris, Jack Brown, atau dua kiper timnas U-19 lainnya.

Pasalnya, Tae-yong selalu mempercayai Adi Satryo sebagai benteng terakhir pertahanan Indonesia ketika uji coba. Padahal, masih ada penjaga gawang lainnya, seperti Erlangga Setyo dari Diklat Persib, atau Yofandani Damai (PSIS Semarang).

“Rotasi ini kami lakukan dengan bertujuan kami dapat melihat perkembangan seluruh pemain saat tampil di lapangan. Kondisi pemain saat ini sudah siap menjalani laga uji coba,” jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Selain tiga nama di atas, ada dua nama-nama lain yang juga sama sekali belum ditampilkan oleh Tae-yong. Mereka adalah Muhammad Fadhil, Andre Oktaviansyah, dan Mohammad Kanu. Kanu dan Jack diketahui sempat mengalami cedera.

“Kami siap bermain pada laga besok. Pelatih sudah memberikan materi kepada kami bagaimana menghadapi Bosnia-Herzegovina. Semoga besok kami dapat bermain baik dan sesuai yang diinginkan pelatih,” kata Andre, yang juga dijuluki Kobra.

Sebagai catatan, dari lima laga uji coba yang telah dilalui, performa Indonesia perlahan meningkat. Uji coba pertama berakhir 3-0 untuk Bulgaria, pada laga kedua dibantai Kroasia, lalu imbang kontra Arab Saudi, hingga mengalahkan Qatar 2-1 dan imbang.