Perbanyak Game Internal, Bima Sakti Sudah Ada Bayangan Kerangka Tim Timnas U-16

Timnas U-16 Indonesia tengah melanjutkan Pemusatan Latihan atau Training Center (TC) persiapan tampil di Piala Asia U-16 2020.

Berbeda dari sebelumnya, TC kali ini digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi. Pasalnya Stadion Patriot Candrabagha, sedang dipergunakan sebagai rumah sakit darurat untuk pasien virus corona.

Dalam TC yang akan berlangsung singkat dari 20 hingga 29 September, pelatih timnas U-16 Bima Sakti, mengatakan akan memperbanyak internal game.

Ini dilakukan untuk mematangkan skema permainan dan juga beragam taktik yang akan dipergunakan untuk bisa bersaing dengan timnas Jepang, Arab Saudi, dan juga Cina.

“Setelah hanya melakukan latihan ringan di hotel, seperti gym dan lainnya, hari ini saya berikan porsi lebih banyak ke permainan,” kata Bima.

“Saya ingin langsung melihat permainan dan kemampuan dari tujuh pemain yang juga baru dipanggil seleksi,” Bima menambahkan.

Ya, melihat dari komposisi pemain yang dipanggil dalam setiap TC, kiranya Bima sudah mengantongi kerangka tim hampir 90 persen.

Ia hanya tinggal melengkapi beberapa posisi yang kiranya perlu diperkuat dengan pemain pelapis yang memiliki kualitas setara dengan pemain utama.

Sejauh ini ada tiga posisi yang menjadi fokus utama yakni penjaga gawang, striker, dan winger untuk mengisi tempat Ruy Arianto yang mengalami cedera.

“Sementara itu, saya sudah memiliki kerangka tim. Saya ingin mendapatkan pemain dari tujuh orang tersebut untuk mengisi pos-pos yang saya rasa kurang dalam tim ini,” Bima melanjutkan.

Bima Sakti, pelatih timnas Indonesia U-16, saat menjadi karteker pelatih timnas Indonesia dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bima Sakti, pelatih timnas Indonesia U-16, saat menjadi karteker pelatih timnas Indonesia dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. (Jessica Margaretha/Skor.id)

Bima pun berharap para pemain bisa semakin lebih baik lagi dalam banyak hal setelah mengikuti tiga tahap TC sejak Juli lalu.

“Harapan saya, di mana pun mereka berlatih, semoga tetap bisa memberikan yang terbaik pada pemusatan latihan kali ini.”

“Kami bisa lebih optimal dan saya ingin meningkatkan intensitas latihan yang lebih tinggi lagi. Untuk itu porsi latihan bulan ini, lebih banyak ke internal game,” Bima memungkasi.