Kemungkinan Absen lawan PSS, David da Silva Bisa Main Saat Persebaya Lawan Arema

Legiun asing Persebaya Surabaya dipastikan tetap komplet pada lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Sebab, striker David da Silva memutuskan bertahan bersama tim berjuluk Green Force tersebut.

Sebelumnya, tiga penggawa asing Persebaya, Makan Konate, Mahmoud Eid, serta Aryn Williams, sudah memastikan menerima renegosiasi dari manajemen.

Proses nego ulang dengan Da Silva memang berjalan alot. Sempat dikabarkan tak menemui kata sepakat. Bahkan, muncul rumor dia akan berlabuh ke Borneo FC. Namun, manajemen Persebaya tak menyerah untuk tetap mempertahankan Da Silva. Usaha mereka pun membuahkan hasil.

’’Selama ini kami mencoba menjelaskan ke David kondisi yang dialami sepak bola Indonesia karena pandemi Covid-19,’’ ucap agen Da Silva, Antonio Teles.

’’David orang yang sangat baik dan bisa mengerti situasi yang ada. Puji Tuhan kami sudah deal dengan Persebaya. Sesuai dengan keinginan David, saya, dan manajemen,’’ imbuh Teles.

Setelah dipastikan sepakat dengan renegosiasi kontrak, Da Silva segera terbang ke Indonesia. Saat ini eks penggawa Pohang Steelers tersebut masih berada di Brasil dan tengah merampungkan administrasi untuk bisa kembali ke Indonesia.

’’Sekarang tinggal menunggu visa, setelah itu dia akan berangkat. Mungkin dalam pekan ini atau paling lambat pekan depan. Saya berharap dia bisa segera gabung tim,’’ beber Teles.

Sementara itu, mepetnya Da Silva bergabung dengan tim diakui pelatih Aji Santoso sedikit berdampak pada persiapan tim. Apalagi, Green Force sudah harus menantang PSS Sleman pada 1 Oktober mendatang.

Aji memang tetap meminta Da Silva untuk latihan mandiri selama pulang ke Brasil. Namun, jika melihat kedatangan yang terlalu mepet dengan kickoff, Aji lebih memilih menyimpan Da Silva saat kontra PSS Sleman.

’’Mungkin pertandingan pertama David tidak akan saya mainkan, terlalu riskan. Kalaupun main, David akan main saat lawan Arema FC (9/10),’’ ucap eks pelatih Persela Lamongan tersebut.

Absennya Da Silva pada laga kontra PSS tentu sedikit mereduksi ketajaman lini depan Persebaya. Sebab, dia menjadi tumpuan lini serang Persebaya. Musim lalu, dari 17 laga yang dilakoni bersama Persebaya, Da Silva mencatatkan 14 gol. Musim ini, dari dua laga yang dilakoni Persebaya, Da Silva menciptakan satu gol.