Formasi Shin Tae-yong Sempat Buat Saddam Emiruddin Kesulitan di Timnas U-19

Pergerakannya di lapangan memang mengundang keraguan banyak orang. Dia tak memiliki kecepatan luar biasa, terkadang ia pun kalah duel dengan pemain lawan, tapi jangan ragukan naluri golnya.

Saddam Emiruddin Gaffar menjadi pemain yang memiliki kriteria itu. Dirinya adalah mesin gol timnas U-19 saat ini.

Dari lima pertandingan yang dijalani timnas di kroasia, Saddam mengoleksi dua gol dan itu menjadi yang terbanyak. Masing-masing golnya ke gawang Arab Saudi (11/9/2020) dan Qatar (20/9/2020).

Kontra Arab Saudi, meski ia turun sebagai pemain pengganti, Saddam sukses mencetak gol kedua pada menit ke-52. Umpan mendatar Bagas disambut dengan kaki kirinya yang menguubah laju bola ke gawang lawan.

Sementara gol ke gawang Qatar dikreasi setelah ia menerima bola hasil lemparan jarak jauh Pratama Arhan dengan kepalanya. Sundulan Saddam sukses mengirimkan bola ke tiang jauh gawang lawan.

Namun, terlepas dari dua gol yang ia ciptakan, ternyata ia sempat kesulitan beradaptasi dengan pola main Shin Tae-yong.

“Kalau kendala waktu di awal-awal. Soalnya kan biasanya pakai 4-3-3, tapi lama kelamaan udah biasa,” tutur Saddam kepada Bolalob.

Di tangan Shin, timnas U-19 memang bermain dengan pola 4-4-2. Padahal, saat Saddam bergabung dengan timnas U-18 yang menjadi cikal bakal timnas saat ini, ia rutin bermain dengan 4-3-3.