Timnas Indonesia U-19 Akan Jajal 5 Negara di Turki

Timnas Indonesia U-19 masih memiliki dua laga uji coba di Kroasia, yaitu melawan Bosnia Herzegovina dan Dinamo Zagreb. Setelah itu rencananya skuat Garuda muda akan bertolak ke Turki untuk pemusatan latihan lanjutan.

Di Turki, tim asuhan Shin Tae Yong ini akan melakoni lima pertandingan uji coba. Rencana tersebut ia utarakan kepada media Korea Selatan, Yonhap.

“Setelah Timnas Indonesia U-19 menyelesaikan pertandingan persahabatan dengan Dinamo Zagreb, mereka akan pergi ke Turki untuk berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan melawan lima negara” tulis Yonhap setelah berbicara dengan Shin Tae-yong melalui sambungan telepon.

“Timnas Indonesia U-19 kembali ke Jakarta, Indonesia, pada 22 Oktober,” lanjutnya.

Dalam dua laga uji coba terakhir, Timnas U-19 terus menunjukan perkembangan positif dengan kerja kerasnya di lapangan. Setelah menang 2-1 atas Qatar di laga pertama, Timnas U-19 tertahan 1-1 oleh lawan yang sama di uji coba kedua.

“Semakin banyak skuad Timnas Indonesia U-19 berlatih dan menjalani pertandingan persahabatan, akan semakin baik pula organisasi dan pemahaman taktikal mereka,” ucap Shin Tae-yong.

“Kualitas para pemain telah meningkat. Mereka punya kemauan untuk bermain hingga akhir. Karena mereka bekerja keras, kemampuan mereka bertambah. Saya memberi tahu pemain seperti ini. ‘Saya akan mendengarkan apa pun di luar taman bermain. Namun, tolong lakukan yang terbaik di dalam taman bermain’. Apa yang saya lakukan sepertinya berhasil,” jelas pelatih berusia 49 tahun.

Rencananya pemusatan latihan ini adalah bagian dari persiapan Timnas U-19 untuk tampil di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada awal tahun depan. Lalu juga ada Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.