Ricky Nelson Ingatkan Pemain Sulut United Soal Kontrol Emosi

Sulut United baru saja menggelar laga uji coba melawan tim Persbit Bitung, Sabtu malam (19/9/2020) di Stadion Klabat, Manado.

Dari hasil laga uji coba ini pelatih mengevaluasi satu hal yakni emosi pemain yang sempat tidak terkontrol.

Pelatih kepala Sulut United, Ricky Nelson, mengakui timnya mendapatkan perlawanan bagus dari Persbit Bitung yang dihuni pemain muda dan penuh semangat bermain, serta memiliki fisik yang kuat.

“Evaluasi saya, karena lawan penuh semangat dan bermain dengan fisik yang kuat, para pemain kami sedikit tidak bisa mengontrol emosi sehingga terbawa gaya bermain tim lawan,” kata Ricky, Minggu (20/9/2020).

Hal ini membuat taktik permainan tim berubah tidak seperti biasanya, namun beruntung jeda babak kedua para pemain diminta agar lebih mengontrol emosi, sehingga akhirnya pelan-pelan dapat kembali menguasai pertandingan dan keluar dari situasi sulit saat bertanding.

“Kesalahan yang terjadi di laga uji coba seperti ini saya harap tidak terjadi di pertandingan sesungguhnya saat Liga 2 nanti,” ucap dia.

Menurut Ricky, dalam pertandingan pada prinsipnya pemain harus mampu mengontrol emosi dan tidak terpancing gaya permainan lawan. Karena hal itu dapat membahayakan dan merugikan tim sendiri.

“Saya senang mendapatkan perlawanan dari Persbit Bitung ini, mereka punya semangat dan memberikan tekanan. Ini bagus, agar kami lebih siap pada Liga 2 Oktober nanti,” Ricky menuturkan.

Sementara itu manajer Sulut United, Muhammad Ridho, menilai laga uji coba kali ini Sulut United mendapatkan rival yang bagus, Persbit Bitung memberikan perlawanan kepada timnya.

“Dari sisi stamina, Persbit Bitung memberikan pelajaran bagi kami. Evaluasi dari laga uji coba ini menjadi bekal untuk persiapan Liga 2 nanti,” katanya.

Ridho mengatakan, persiapan tim jelang Liga 2 sudah separuh jalan dan akan terus dimatangkan baik secara teknis maupun nonteknis.

“Finalnya pada kick-off 17 Oktober mendatang, kami akan berjuang habis-habisan di sana, kami akan menunjukkan hasil kerja keras pemain dalam latihan,” Ridho menuturkan.

Dalam laga uji coba ini Sulut United memenangkan laga dengan skor 3-1, gol Sulut United dicetak Wirahadi menit kelima, Natael Ringo pada menit ke-78, dan Gusti Sandria pada menit ke-81.

Sedangkan gol semata wayang Persbit Bitung akibat gol bunuh diri pemain Sulut United Dirga Lasut menit 21.