Datang Mepet, Pelatih Baru Arema Tegaskan Waktu Bukan Patokan

Kedatangan pelatih baru Arema FC, Carlos Oliveira, bisa dibilang sangat terlambat.

Diproyeksi datang pekan pertama bulan September, dia justru baru diperkenalkan secara resmi pada Kamis (17/09/2020) lalu.

Jika dihitung, Carlos Oliveira hanya punya waktu 13 hari atau dua minggu untuk mempersiapkan tim sebelum lanjutan Liga 1 bergulir 1 Oktober nanti.

Padahal, asisten Arema FC, Charis Yulianto, sempat mengatakan waktu ideal untuk persiapan setidaknya satu bulan penuh.

Menanggapi hal tersebut, pelatih 59 tahun tersebut menegaskan waktu bukan menjadi ukuran kesiapan tim, tetapi bagaimana kualitas persiapan dengan waktu yang tersisa.

“Dua minggu, tiga minggu tidak masalah. Tiga minggu saja bisa juara di Vietnam,” kata mantan pelatih Becamex Binh Duong itu.

Carlos Oliveira melanjutkan, yang terpenting adalah bagaimana kesadaran masing-masing elemen tim untuk menyamakan visi dan misi.

Dengan sinergi dari semua pihak, dia yakin persiapan tim bisa maksimal meskipun waktunya sangat mepet.

“Yang terpenting sinergi pemain dan manajemen itu menjadi satu dan ada tekad lebih berprestasi untuk juara. Waktu tidak berpengaruh karena di tim lama 3 minggu saja bisa juara,” ujarnya.

Lebih lanjut, pelatih yang pernah menjadi bagian tim pelatih timnas Bolivia di babak kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Amerika Selatan tersebut masih ingin terus mengamati Hendro Siswanto dkk.

Dia sudah menyiapkan program latihan awal sembari melakukan observasi.

“Saya belum menganalisis seperti apa, tetapi yang pasti saya dulu striker. Jadi, saya tahu cara mengajari anak-anak untuk bermain bagus, ini sepak bola,” katanya.