Andai Persebaya Pindah ke Yogyakarta, PSSI Yakinkan Tidak Ada Bentrok Jadwal, Bentrok Suporter?

Seiring dengan penawaran bagi Persebaya Surabaya untuk pindah home base ke Yogyakarta, PSSI meyakinkan tidak akan terjadi bentrok jadwal pertandingan.

Tapi bagaimana dengan peluang terjadinya bentrok antar suporter ? mengingat Yogyakarta akan menjadi homebase banyak klub Liga 1.

PSSI melalui Wakil Ketua Umum Iwan Budianto meyakinkan jadwal kompetisi tidak akan berantakan meski klub dipusatkan bermain di Yogyakarta.

Kekhawatiran muncul setelah PT LIB membuka peluang tim bisa menggunakan satu venue sebagai homebase bersama seperti di Stadion Sultan Agus Yogyakarta nanti.

Di sana akan menjadi markas sementara tim-tim Liga 1 seperti Persija Jakarta, Bali United dan PSM Makassar. Bahkan Persebaya Surabaya juga berpeluang pindah ke sana.

Persebaya sendiri diberikan opsi pindah ke Yogyakarta karena markas mereka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dalam proses renovasi terkait Piala Dunia U-20 2021.

Adapun rencana pindah ke Stadion Delta Sidoarjo juga menemui kendala setelah pemerintah daerah di sana tidak mengeluarkan izin karena pandemi Covid-19.

“Tidak, jadwalnya memang padat sekali tapi kalau mereka tersentral di Jogja justru lebih enak,” kata Iwan Budianto di sela sidak venue Piala Dunia U-20 di Surabaya, Jumat (18/9/2020).

Menurutnya penyusunan jadwal dipastikan tidak akan terjadi bentrok karena ada banyak venue yang secara lokasi berdekatan dan bisa digunakan untuk menggelar laga.

Selain Stadion Sultan Agung, ada Stadion Maguwoharjo Sleman yang akan digunakan bersama oleh Barito Putera, Borneo FC, Persiraja Banda Aceh dan tuan rumah PSS Sleman.

“Lebih enak karena pertandingannya kan di Sleman, Bantul Jogja dan itu lokasinya dekat-dekat saja,” jelasnya.

Terkait kemungkinan terjadinya bentrok antar suporter, memang belum disampaikan secara spesifik mengingat pertandingan akan dilangsungkan tanpa penonton.

Tapi antisipasi perlu disiapkan khususnya jika benar Persebaya pindah ke Yogyakarta dan tim rival Persija Jakarta juga berhome base di kota yang sama.