Aji Santoso Ungkap Senjata Rahasia Persebaya Saat Situasi Deadlock

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan bahwa eksekusi bola mati bisa menjadi senjata andalan dan rahasia timnya untuk memecah kebuntuan ketika dihadapkan pada situasi deadlock.

Pelatih berusia 50 tahun itu menyebut bahwa set piece merupakan bagian dari taktiknya untuk mencetak gol ke gawang lawan. Untuk itu, Aji terus menggembleng para pemainnya dengan latihan freekick dan corner kick.

Mantan pelatih Persela Lamongan dan PSIM Jogjakarta itu mengaku bahwa program memaksimalkan bola mati tidak dapat dilakukan sekali atau dua kali.

Baginya, metode ini perlu dilakukan secara berulang dan membutuhkan waktu. Tujuannya agar saat kompetisi sudah berjalan, skema memanfaatkan set piece ini bisa dilakukan secara otomatis dan natural oleh pemainnya.

“Kami mematangkan servis freekick dan corner kick pada seluruh pemain, karena itu bagian dari taktik yang akan kami gunakan dalam kompetisi nanti. Hal ini tidak bisa asal latihan sekali dua kali saja. Tetapi harus berulang-ulang supaya terjadi otomatisasi saat pertandingan,” ujar Aji dikutip situs Liga Indonesia.

Pelatih kelahiran Kepanjen, Kabupaten Malang itu juga telah memiliki nama-nama eksekutor bola-bola mati bagi timnya. Namun dia masih enggan menyebut siapa nama-nama eksekutor utamanya.

Aji beralasan bahwa itu adalah rahasia kekuatan timnya. Selain masalah memanfaatkan set piece, Aji juga fokus dalam transisi permainan tim baik menyerang maupun bertahan.

“Pasti kami sudah punya daftar nama siapa-siapa yang mengeksekusi free kick. Bagaimana menyerang, bagaimana kita defending corner kick. Semua sudah kita ajarkan,” tutupya.