Pelatih Persebaya Surabaya Berharap Tak Ada Klaster Baru

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso berharap lanjutan Liga 1 2020 tidak memunculkan klaster baru pandemi virus Corona, dan mengingatkan pentingnya mengikuti protokol kesehatan.

Angka penyebaran virus Corona dalam beberapa hari terus mengalami peningkatan. Bahkan dalam dua hari terakhir angka penyebaran itu sudah menembus di atas 3.000 setiap harinya. Secara keseluruhan, total kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 232.628 dengan 9.222 diantaranya meninggal dunia.

Kendati demikian, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tetap menggulirkan kembali Liga 1 2020 setelah sempat terhenti sejak pertengahan Maret. PSSI dan badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai penyelenggaraan olahraga yang aman dari Covid-19.

Aji menyambut baik penandatanganan MoU itu, sehingga Liga 1 dipastikan bergulir mulai 1 Oktober. Walau begitu, Aji mengingatkan agar seluruh pihak yang terlibat di pertandingan memperhatikan protokol kesehatan.

“Iya tentunya bagus. Alhamdulillah tanggal 1 oktober sudah pasti akan dimulai. Untuk berjalannya kompetisi nanti protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan, karena semakin hari Covid-nya tidak semakin turun tetapi semakin meningkat,” tutur Aji dilansir laman resmi klub.

Pemberitaan sejumlah media belakangan ini menyebutkan klaster baru sudah merambah ke keluarga. Berdasarkan data yang dihimpun platform edukasi Pandemictalks, Setidaknya 230 keluarga di lima kota, seperti Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Semarang, dan Malang diketahui saling menularkan virus Corona.

Mantan pelatih timnas Indonesia U-23 ini juga berharap tidak ada klaster baru yang muncul akibat adanya pertandingan Liga 1, sehingga kompetisi dapat dituntaskan sampai Februari 2021 berdasarkan rencana semula.

“Untuk itu kewaspadaan kesehatan juga sangat penting. Tidak ada artinya kalau kompetisi kita berjalan, sedangkan pemain banyak yang terserang COVID-19. Nanti akan bermasalah,” imbuh Aji.

Sementara itu, program latihan Persebaya sudah memasuki tahap taktikal sebagai persiapan menghadapi laga perdana lanjutan Liga 1 melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo.

“Latihan kami mempersiapkan untuk pertandingan yang akan datang. Jadi saya sudah banyak porsi ke taktikal, karena kami dua minggu lagi sudah main. Jadi kami mematangkan. Latihan ini tidak mungkin sekali dua kali, saya akan latih berulang-ulang dengan materi yang sama. Insya Allah nanti juga masih ada uji coba,” beber Aji.