Carlos Oliveira Berusaha Membuat Pemain Arema FC Nyaman

Pelatih anyar Arema FC Carlos Oliveira berusaha membuat pemain merasa nyaman di bawah asuhannya dengan memberikan variasi baru yang mengedepankan kegembiraan dalam sesi latihan kemarin sore di Stadion Kanjuruhan.

Salah satu perbedaan yang diberikan adalah saat pemanasan. Oemain mendapatkan materi kombinasi sundulan, lompatan, kontrol dada, dan menggiring bola. Menurut Oliveira, materi itu mencakup dasar sepakbola yang harus dikuasai pemain.

Kendati demikian, Oliveira mengaku tidak akan membuang materi pemanasan sebelumnya, yakni kucing-kucingan. Oliveira mengatakan, dalam menjalani pekerjaan, seluruh elemen tim harus melakukannya dengan didasari kecintaan.

“Kami juga akan melakukan rondo di lain waktu, saya selipkan fun game juga. Pokoknya bersama saya, pemain bisa melakukan sesuatu yang berbeda, dan saya lihat mereka enjoy. Memang harus begitu. Kalau mereka tidak menyukainya, maka mereka akan melakukannya dengan terpaksa,” beber Carlos diwartakan laman Wearemania.

“Harus didasari dengan kecintaan, termasuk dalam sepakbola. Saya tahu tak bisa dipungkiri setiap pemain punya masalah yang dipikirkan di kepala masing-masing. Karenanya, terpenting membuat pemain merasa senang di lapangan, membuang jauh tekanan.”

“Bukan cuma pemain, saja, saya sebagai pelatih juga mencoba untuk selalu enjoy menikmati waktu melatih. Kita tahu, kami berlatih dalam waktu selama setidaknya dua jam dalam satu hari, apalagi ketika dengan intensitas tinggi, pasti ada rasa jenuh dan lelah, itu pasti.”

Selain memberikan variasi latihan, Oliveira juga ingin mengenal pemain lebih mendalam. Pelatih berusia 59 tahun tersebut saat ini masih meraba-raba komposisi pemain yang ideal di lanjutan Liga 1 2020. Oliveira sering bertukar pikiran dan menerima masukan dari staf pelatih lainnya.

“Saya percaya masih ada waktu untuk saling mengenal karakter masing-masing pemain. Saya ingin tahu lebih banyak tentang pemain, saya utarakan apa yang saya inginkan, apa yang kami butuhkan untuk memperbaiki tim ini. Saya berharap minggu depan akan lebih baik,” tutur Oliveira.

“Staf pelatih juga memberi tahu saya apa yang bisa dilakukan untuk setiap pemain, sehingga kami bisa mencoba yang terbaik untuk mereka. Saya berharap mereka lebih nyaman dengan cara melatih saya.”