Tak Mau Uji Coba lawan Persik, Pelatih Persipura Masih Tunggu Persebaya

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago menyatakan jika dirinya hanya ingin timnya berujicoba dengan Persebaya Surabaya, meskipun mendapatkan tawaran dari tim asal Jawa Timur lainnya, Persik Kediri.

Kata pelatih asal Brasil ini, Persebaya adalah tim yang ideal sebagai lawan tanding jika berkaca pada segi teknis. Kedua tim juga sudah saling berhadapan di laga pekan ketiga kompetisi Liga 1 2020, Maret lalu.

Karena alasan itulah, Jacksen masih menanti jawaban dari tim berjulukan Bajul Ijo untuk berujicoba dalam waktu dekat, sebagai persiapan akhir timnya menjelang lanjutan Liga 1 2020 yang akan bergulir pada Oktober mendatang.

“Jujur dari segi teknis kita berdua adalah lawan yang paling ideal dan tepat karena kedua tim sudah saling bertemu di pertemuan pertama. Sehingga tak ada kepentingan lagi, dan di luar itu jarak markas antara kita sangat dekat,” ujar Jacksen Tiago, Sabtu (19/09/20).

Hanya saja, Jacksen enggan memaksakan kehendak jika saja Persebaya tak bisa menerima ajakan untuk berujicoba.

“Kita juga memahami jika mereka belum mau menerima tawaran itu saat ini, karena kita tahu mereka juga belum menentukan home base-nya, pasti ada kendala lain yang saya tidak ketahui,” ungkap Jacksen.

“Tapi seandainya jika Aji Santoso berkenan, saya rasa dari aspek teknisnya saya yakin pasti Aji setuju sekali karena memang kita sudah pernah bertemu, sehingga dari aspek teknis maupun taktik dan strategi sudah tidak ada kepentingan lagi, selain persiapan kita masing-masing,” sambungnya.

Sementara itu, Jacksen telah menolak ajakan Persik Kediri untuk berujicoba. Pasalnya menurut Jacksen, timnya akan berhadapan dengan Persik di laga awal lanjutan Liga 1 nanti. Jacksen tak mau taktik maupun strategi timnya dibaca lawan.

“Kita akan bertemu dalam beberapa pekan lagi di kompetisi nanti, sehingga dari aspek teknisnya tidak tepat, yang paling tepat hanya Persebaya. Kalau lawan lain agak susah karena faktor teknis itu,” pungkas Jacksen.

Skuad Persipura sendiri kini telah memasuki pekan keempat pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang. Persipura akan memulai laga perdana lanjutan Liga 1 2020 kontra Persija Jakarta, 3 Oktober mendatang.