PSS Kembali Kirim Pemainnya Gabung Timnas Indonesia U-16

Akademi PSS Sleman kembali mengirimkan pemain untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-16. Ada tiga pemain yang dilepas PSS untuk memperkuat tim asuhan Bima Sakti, yaitu Raka Octa yang berposisi sebagai kiper, Iput Nurhasan seorang bek tengah, dan Fahmi Alvin Setiawan yang berposisi sebagai bek kanan.

Ketiganya bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di Bekasi. Tim Garuda Muda yang ditangani Bima Sakti sedang mempersiapkan diri untuk Piala AFC U-16 yang memang belum lama ini diputuskan ditunda hingga awal tahun depan.

Raka Octa, yang sebelumnya pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indnoesia U-16, merasa bersyukur bisa kembali lagi mengikuti seleksi. Ia berharap bisa lolos dan menjadi bagian dari skuat Tim Garuda Muda di Piala AFC U-16.

“Tentu senang dengan kembali mendapatkan kesempatan berlatih di Timnas Indonesia U-16. Saya bertekad berlatih lebih keras agar bisa bersaing menembus tim utama,” ujarnya Sabtu (19/9/2020).

Sedangkan Fahmi dan Iput yang pertama kali dipanggil ikut seleksi Timnas U-16 sama-sama merasa bahagia atas kesempatan langka ini. Mereka berharap bisa lolos dan menunjukkan kemampuannya untuk menembus tim utama nanti.

Dengan demikian, PSS menjadi satu di antara tim Liga 1 yang menjadi pencetak pemain masa depan Timnas Indonesia. Sebelumnya terdapat nama Saddam Emiruddin Gaffar yang menjadi pemain Timnas Indonesia U-19 yang kini sedang berlatih di Kroasia.

Kepala Development Center PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Guntur Cahyo Utomo mengatakan bahwa PSS menjadi jembatan bagi Sekolah Sepakbola (SSB) atau akademi di luar PSS untuk bisa menyalurkan para siswanya ke level yang lebih tinggi.

“Pemanggilan pemain muda PSS ke tim nasional merupakan langkah baru bagi para pemain muda Sleman, Yogyakarta, dan sekitarnya. Menjadi program PSS untuk membuka jaringan seluas mungkin untuk berkompetisi di tingkat lebih tinggi,” terang Guntur Cahyo.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya para pemain muda hanya berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA) dan klub Liga 1. Pemanggilan pemain ke level tim nasional sekaligus membuka jalan karier mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Terpisah, Direktur Operasional PSS, Hempri Suyatna turut memberikan pesan sekaligus motivasi kepada pemain mudanya yang punya kesempatan masuk Timnas Indonesia U-16. Ia berhadap para pemainnya dapat menunjukkan kemampuan dan membuat bangga PSS.

“Masyarakat akan menyoroti pemain PSS, tidak hanya yang senior tapi juga yang muda, bahwa tim ini terus tumbuh dan berkembang,” jelasnya.