Persipura Jayapura Prediksi Skema Persija Jakarta Tak Banyak Berubah

Arsitek Persipura Jayapura Jacksen F Tiago memperkirakan skema permainan Persija Jakarta tidak mengalami perubahan, meski kini tongkat kepelatihan sudah diserahkan kepada Sudirman dari Sergio Farias.

Persija menjadi lawan pertama Persipura di lanjutan Liga 1 2020. Kedua tim akan bentrok di Stadion Gajayana, Malang, pada 3 Oktober. Persipura memang memilih bermarkas di Gajayana pada kompetisi luar biasa ini.

Jacksen tidak terlena dengan perubahan di kursi pelatih Persija setelah Sudirman menggantikan peran Farias yang harus pulang ke Brasil setelah putrinya terpapar virus Corona. Menurut Jacksen, ia berkaca dari pengalamannya ketika menukangi Persipura di saat kompetisi sedang berjalan.

“Mungkin di awal perubahan itu tidak akan terlihat, tapi dalam perjalanan Persija ke depannya pasti akan kelihatan sekali ada perubahan. Jadi di laga-laga awal masih ada peninggalan coach Sergio,” ujar Jacksen melalui channel YouTube resmi klub.

“Saya rasa Sudirman tidak akan melakukan perubahan komposisi pemain secara drastis, dan dia akan mempertahankan yang ada. Perubahan itu akan terjadi ketika kompetisi sudah berjalan. Sama seperti saya ketika pertama datang ke Persipura, tidak banyak perubahan.”

Jacksen menambahkan, Persipura tetap mengusung target menempati posisi teratas klasemen, meski lanjutan Liga 1 digelar di tengah situasi sulit. Juru taktik asal Brasil ini sudah mulai mencari tahu kekuatan kontestan Liga 1 lainnya, baik dari persiapan maupun uji coba.

Hanya saja, Jacksen mengaku belum mendapat gambaran pasti mengenai pesaing mereka dalam perburuan gelar juara. Menurut Jacksen, walau sudah mengantongi beberapa catatan, ia mengaku validitas data yang diperolehnya belum meyakinkan.

“Tugas pelatih adalah mencari informasi mengenai kekuatan lawan-lawan kami. Tapi kami cuma bisa meraba-raba. Coba lihat di Liga Champions [Eropa] dalam perjalanannya menuju final, banyak situasi di luar dugaan terjadi,” tutur Jacksen.

“Itu sama dengan kompetisi kita. Klub-klub yang kemarin tidak diunggulkan, nanti bisa unggul. Karena itu, kami sekarang sedang mempelajari, tapi tidak ada sesuatu yang pasti, karena persiapan dan uji coba masing-masing klub tentunya akan memberikan manfaat.”

“Sekarang memang saya sudah mempunyai catatan, tapi itu bukan catatan yang valid. Kami akan melihatnya saat kompetisi berjalan, dan dari situ kami benar-benar baru bisa melihat kekuatan pastinya.”