Liga 1 Siap Berlanjut Oktober, Bagaimana dengan Pro Futsal League?

PSSI secara resmi mendapat izin BNPB untuk menyelenggarakan Liga 1 pada Kamis (17/9/20) kemarin. Muncullah pertanyaan bagaimana dengan Pro Futsal League (PFL) atau Liga Futsal Indonesia 2020?

closeIzin menyelenggarakan Liga 1 diperoleh setelah PSSI dan BNPB melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). Lewat MoU tersebut PSSI sepakat untuk tidak menghadirkan penonton ketika liga dimulai dan juga diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Terkait PFL 2020, Federasi Futsal Indonesia (FFI) beberapa waktu lalu saat meeting virtual dengan klub peserta menyatakan jika PFL akan dlanjut lagi jika Liga 1 dilanjut. Maka jika Liga 1 jadi dilanjut Oktober maka klub peserta pun dipastikan menanti keputusan FFI kapan PFL dilanjut kembali.

Rapat virtual menyatakan jika PFL bisa dilanjut satu bulan setelah Liga 1 dimulai. Jadi, jika Liga 1 dimulai Oktober maka PFL akan dilanjut November. Akan tetapi, jika Liga 1 meminta izin ke BNPB maka ada kemungkinan PFL pun harus meminta izin ke BNPB, dan ini akan menanti apakah diizinkan atau tidak.

Pastinya, FFI bisa mencontoh Liga Futsal Thailand dan juga Liga Futsal Jepang yang sudah memulai kembali liganya. Protokol kesehatan yang ketat tentu saja harus ditekankan. Tapi, yang utama adalah komunikasi dengan para peserta liga akankah dilanjut atau tidak dan jika dilanjut kapan.