Gelora Delta Tak Bisa Dipakai, Pelatih Persib Bandung Ajak Madura United Bertukar Kandang

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku tidak terpengaruh konsentrasinya saat mendengar kabar tentang Madura United yang terancam tidak bisa menggunakan, Gelora Delta untuk menghelat pertandingan pekan keempat Liga 1 2020.

Eks pelatih kepala PSM Makassar tersebut malah menyampaikan ide bertukar kandang untuk bermain di kandang Persib terlebih dahulu, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), kepada calon lawan mereka, Madura United.

Sebelum mendengar kabar tentang larangan penggunaan Stadion Gelora Delta dari Pemerintah Sidoarjo, Robert menganggap jika perjalanan laga tandang ke Sidoarjo menjadi salah satu laga tandang yang melelahkan bagi Maung Bandung. Pasalnya, Febri Hariyadi dan kawan-kawan mesti menempuh perjalanan darat dengan estimasi waktu tempuh selama 12 jam dari Bandung.

“Kami tahu bahwa kami harus bermain dengan Madura United di Sidoarjo. Kami harus mempersiapkan dengan matang untuk itu karena perjalanan yang sangat jauh. Kami menghitung setidaknya 12 jam dengan bus,” beber Robert.

“Konsentrasi tidak terganggu, itu tidak masalah dan mungkin mereka bisa mengubah pertandingan, mereka mengganti ke GBLA lebih dulu dan terakhir kami bisa bermain jika masalah itu sudah selesai. GBLA sudah siap. Inilah kenyataan yang ada, saya harus berbicara dengan manajemen bahwa kami dapat mengajukan pertandingan ke GBLA,” sambung Robert menambahkan.

Jelang laga pekan keempat Liga 1 2020, Madura United yang menjadi lawan Persib memang memiliki persiapan yang kurang ideal dibanding Persib. Terbaru, tim asal Pulau Garam itu ditinggal salah satu pilar pentingnya yakni Greg Nwokolo setelah sebelumnya ditinggal Beto Goncalves dan Emmanuel Oti.

Melihat calon lawannya yang mengalami beberapa kendala jelang bergulirnya kembali Liga 1, Robert pun tak mau ambil pusing. Bagi Robert, Madura United tetaplah tim yang punya rekam jejak bagus selama gelaran Liga 1 beberapa musim terakhir.

“Tidak masalah saat ini [ditinggal Greg]. Timnya masih luar biasa. Semua orang mulai berspekulasi, dan itu tidak penting. Hal ini berlaku kepada tim lain juga,” tegas Robert.

Bertukar kandang memang sudah bukan hal baru bagi Persib. Di musim lalu, Persib sempat bertukar kandang dengan Bhayangkara FC karena alasan keamanan Ibu Kota dan sekitarnya. Persib memainkan laga di Bandung lebih dahulu pada paruh pertama Liga 1 2019 dari laga yang semula akan dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Partai restart Liga 1 antara Madura United dan Persib selaksanakanya digelar 4 Oktober mendatang, dan menjadi laga kompetitif pertama kedua tim setelah vakum dari kompetisi sejak 16 Maret, karena pandemi virus corona.