Pressing Timnas Indonesia U-19 Lawan Qatar Disanjung Netizen

Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan 2-1 atas Qatar di laga uji coba. Netizen memuji kinerja pressing Garuda Muda ke lawan.

Indonesia vs Qatar berlangsung di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9/2020) malam WIB. Garuda Muda langsung tampil agresif di awal-awal laga. Highlight laga sengit ini bisa ditonton di sini.

Tim besutan Shin Tae-yong langsung mendapatkan beberapa peluang emas saat pertandingan belum berjalan lima menit. Salah satunya adalah bola lemparan ke dalam dari Pratama Arhan yang disambut dengan sundulan Irfan Jauhari, namun masih bisa ditepis kiper Qatar, Yousef Abdullah Balideh.

Meski tampil agresif, Indonesia kecolongan lebih dulu. Qatar memimpin 1-0 di menit ke-12 lewat tembakan Jassim Al-Mehairi yang menusuk lewat sisi kiri.

Indonesia merespon cepat gol itu dengan meningkatkan tekanan. Alhasil, hadiah penalti didapat Garuda Muda usai Mochammad Supriadi dilanggar Naif Alhadhrami.

Brylian Aldama maju sebagai eksekutor. Bola tembakannya ke arah sisi kiri atas kiper tak bisa dibendung. Skor berubah menjadi imbang 1-1 di menit ke-17, yang bertahan hingga turun minum.

Indonesia mendapat dua peluang saat babak kedua baru berjalan lima menit. Pertama lewat tembakan bebas Brylian dan gol Komang Teguh yang dianulir karena offside.

Intensitas serangan Indonesia sebetulnya menurun setelah laga berjalan satu jam. Garuda Muda lebih banyak bermain menunggu dan mengandalkan pressing saat Qatar masuk ke wilayah Indonesia.

Cara bermain tersebut terbilang efektif hingga memaksa Qatar memainkan umpan-umpan panjang. Di sisi lain, Qatar kerap terlihat gegabah saat mendapat pressing.

Kecerobohan Qatar karena dapat pressing dari Indonesia terlihat pada menit ke-84. Witan berhasil merebut bola dari kaki pemain Qatar, yang menerima umpan pendek dari kiper.

Wita terjatuh saat berusah mengambil penguasaan bola, namun masih ada Beckham Putra yang muncul mengirim bola liar dan kemudian mengecoh kiper untuk melepaskan umpan silang mendatar ke Supriadi yang ada di depan gawang kosong. Indonesia pun menang 2-1 lewat gol pemain Persebaya Surabaya itu.

Permainan Indonesia ini membuat para pengguna media sosial terkesan. Tak sedikit yang memuji pressing Indonesia ke lawan.

“High press nya mantep, bikin Qatar panik dan ga nyaman main bola dari bawah, salut Indonesia, progress yg baik, biasanya lawan tim timur tengah kesulitan, skrg mulai teratasi,” tulis akun Twitter @Quackinlouder_

“Mantap, pressing ketat sampai ke gawang lawan.. Ya inilah salah satu yg diharapkan dr permainan Timnas.. Jika ini terus ditingkatkan & diasah terus, saya yakin Timnas bisa berbicara banyak. Semoga progresnya semakin meningkat,” tulis akun @iyan_sorobayan.

Di tengah pujian untuk Indonesia, ada pula yang mengingatkan agar para pemain bisa tetap membumi. Terlebih, ini masih tahap laga uji coba.

“Perjalananmu masih cukup panjang jangan dulu berpuas diri anak muda, terus tingkatkan performa semangat,” tulis akun @akarumput_

Terkait permainan individu yang menonjol, netizen melempar pujian ke Supriadi. Dia dianggap tak kenal lelah dan mau terus berlari.