Liga 1 Dapat Rekomendasi BNPB, Aji Santoso Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

PSSI mendapatkan surat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menggelar kembali Shopee Liga 1 2020. Kedua pihak menandatangani nota kesepahaman secara virtual, Kamis (17/9/2020).

Kompetisi kasta teratas Indonesia itu bakal digelar kembali sesuai jadwal mulai 1 Oktober mendatang.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, ikut bersyukur dengan kepastian tersebut. Sebab, rekomendasi dari BNPB membuat Shopee Liga 1 2020 lebih jelas mengingat bakal digelar di tengah pandemi COVID-19 yang belum rampung.

Namun, Aji Santoso mengingatkan pentingnya protokol kesehatan agar berjalan dengan baik. PT LIB selaku operator kompetisi dan PSSI harus benar-benar menaruh perhatian terhadap para pemain mengenai hal tersebut.

“Tentunya bagus, alhamdulillah. Tanggal 1 Oktober sudah pasti akan mulai. Dengan berjalannya kompetisi nanti, saya juga menekankan protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan,” ucap Aji Santoso, Kamis.

“Karena semakin hari angka kasus COVID-19 bukan turun, tapi makin meningkat. Kewaspadaan kesehatan sangat penting karena tidak ada artinya kompetisi berjalan, lalu pemain terserang COVID-19. Akan bermasalah dengan itu,” imbuhnya.

Topik COVID-19 yang berkaitan dengan kompetisi Shopee Liga 1 2020 kini sedang hangat membicarakan Andri Ibo, bek Persik Kediri, yang dinyatakan positif terserang virus corona itu. Pemain asal Papua itu kini sedang menjalani karantina di RS Kilisuci, Kediri.

Aji berharap akan ada ketentuan jelas jika ketika berjalannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 ditemukan ada pemain yang mendapat hasil positif terinfeksi. Padahal, PSSI dan PT LIB juga telah menjadwalkan swab test hampir setiap pekan selama kompetisi untuk seluruh klub peserta.

Pelatih asal Malang itu makin serius menatap Liga 1 yang bakal bergulir dua pekan lagi. Makan Konate dkk. terus mematangkan persiapan saat berlatih di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Kamis (17/9/2020) sore.

“Latihan hari ini, kami mempersiapkan untuk pertandingan yang akan datang. Jadi saya memang sudah memberikan banyak porsi taktikal. Kami punya dua minggu lagi dan saya matangkan. Latihan tidak mungkin sekali atau dua kali, latihan berulang-ulang dengan menu yang sama,” kata Aji.

Persebaya dijadwalkan melakoni laga tandang dalam pekan keempat melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (1/10/2020), yang juga merupakan pertandingan perdana lanjutan Shopee Liga 1 2020.