Kagum, Pelatih Argentina Sebut Ada Sosok Javier Pastore di Timnas U-19

Pelatih asal Argentina yang juga mantan pemain Perseman Manokwari, Carlos Alberto Gomez, memberikan sanjungannya kepada bintang Timnas U-19, Braif Fatari. Bahkan, dirinya tidak sungkan menyandingkan Braif dengan Javier Pastore.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 menutup training camp di Kroasia dengan menjalani laga ujicoba ketiga. Setelah di kedua pertandingan sebelumnya menghadapi Bulgaria dan Kroasia, kini Garuda Muda menjajal tim asal Asia, yakni Arab Saudi pada Jumat (11/09/2020) lalu.

Pada laga tersebut, muncul nama Braif Fatari yang sukses memikat para pencinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, ia berhasil menyelamatkan wajah Timnas Garuda Nusantara usai sebelumnya tertinggal 0-3, menjadi 3-3. Golnya di menit ke-84 berhasil membuat hasil akhir pertandingan tersebut menjadi imbang.

Tak ayal, pemain Persija Jakarta itu pun langsung menjadi sorotan Carlos Alberto Gomez. Remaja kelahiran Manado, 15 Juli 2020 ini mengingatkannya pada sosok Javier Pastore.

“Saya telah melihat sejak lama, kalau Braif Fatari adalah masa depan yang hebat untuk Indonesia. Dia memiliki keterikatan yang bagus antara kaki dan pikirannya. Saya langsung teringat dengan Javier Pastore ketika melihatnya,” ucapnya kepada INDOSPORT.

Selain itu, Carlos Alberto Gomez juga memberikan sebuah saran kepada Indonesia untuk menambahkan kompetisi di level pertama. Hal ini bertujuan untuk membuat karakter dan kecerdasan pemain muda Indonesia tersebut berkembang.

“Saya percaya bahwa menambahkan kompetisi di level pertama, akan membuat karakter dan kecerdasan mereka (pemain Timnas Indonesia U-19) tumbuh saat mengambil keputusan di atas lapangan,” tambahnya.

“Saya percaya bahwa itu adalah kebijakan yang harus diadopsi oleh PSSI seiring pertumbuhan pemain tim nasionalnya. Membawa mereka ke Argentina akan mendapatkan pengalaman persaingan yang nyata,” ajaknya.

Persiapan Shin Tae-yong Usai Piala Asia U-19 Batal

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong langsung mengubah program latihan setelah Piala Asia U-19 2020 ditunda hingga awal tahun depan. Rencananya, tim akan melanjutkan pemusatan latihan di Eropa.

Awalnya, Piala Asia U-19 akan berlangsung 14-31 Oktober di Uzbekistan. Namun, AFC memutuskan menunda hingga awal tahun depan karena masih berlangsungnya pandemi virus corona.

Dengan demikian, Shin Tae-yong punya waktu lebih lama untuk mempersiapkan tim. Apalagi, anak asuhnya dinilai masih punya banyak kekurangan.

“Saat ini timnas U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Kroasia, sebenarnya ini merupakan persiapan mengikuti Piala AFC U-19 bulan Oktober di Uzbekistan. Namun setelah diundur kami langsung mengubah program latihan timnas U-19,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Setelah kepastian batalnya Piala Asia U-19 pada bulan depan, program utama Timnas U-19 adalah melanjutkan pemusatan latihan di Turki.

Selain itu, PSSI juga tengah menunggu jawaban dari federasi sepak bola Spanyol dan Portugal terkait izin melakukan latihan.

Sementara itu, Shin Tae-yong belum menjelaskan secara detail tentang perubahan latihan yang akan diterapkan. Saat ini, ia fokus meningkatkan fisik dan stamina para pemain dengan intensitas latihan tiga kali sehari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.