Timnas Indonesia U-16 Ambil Hikmah Penundaan Piala AFC U-16 2020

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Diandra Diaz Dewari, mengambil hikmah atas penundaan Piala AFC U-16 2020. Menurut Andra, penundaan tersebut membuat Timnas U-16 memiliki banyak waktu untuk mematangkan persiapan.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengambil keputusan untuk menunda Piala AFC U-16 2020. Keputusan itu diambil dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang diadakan secara virtual pada Kamis (10/9/2020).

AFC merasa tidak siap untuk menggelar Piala AFC U-16 dan Piala AFC U-19 dalam situasi pandemi seperti ini. Pertimbangannya adalah faktor kesehatan, keamanan, dan keselamatan pemain yang menjadi prioritas.

Timnas Indonesia U-16 sudah menggelar dua pemusatan latihan pada Juli dan Agustus 2020 untuk persiapan Piala AFC U-16 2020. Namun, adanya penundaan tersebut tentu saja bisa membuat pasukan Bima Sakti itu lebih mematangkan persiapan timnya.

“Ada hal positifnya dari penundaan Piala AFC U-16. Kami jadi punya lebih banyak waktu buat persiapan, membangun kekompakan agar lebih bagus, dan meningkatkan fisik,” kata Andra.

AFC belum memberikan sinyal kapan Piala AFC U-16 bakal digelar. Namun, turnamen tersebut direncanakan bisa digelar pada awal 2021.

“Yang lebih penting, saya tetap fokus latihan karena di Timnas Indonesia U-16 sistem promosi dan degradasi masih berjalan. Saya ingin mempertahankan posisi agar saat Piala AFC U-16 tahun depan digelar, bisa tampil untuk Timnas,” tegas pemain Persib Bandung itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.