Aji Santoso Ingin Mengembalikan Ciri Khas Permainan Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya kian mematangkan persiapan jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. Makan Konate dan kawan-kawan terus digembleng untuk menyerap beberapa menu latihan sekaligus pada latihan akhir pekan kemarin.

Pelatih Persebaya Aji Santoso memberikan porsi latihan yang menekankan taktik dan pengembalian kondisi fisik para pemain. Oleh karena itu, ia memulainya dengan memberikan materi possession ball atau memainkan bola dari kaki ke kaki.

“Memperagakan umpan pendek cepat merupakan ciri khas Persebaya sejak dulu. Saya ingin mengembalikan ciri khas ini dan membangunnya dari awal,” ujar Aji seperti dilansir dari situs resmi Persebaya.

Selain itu, tujuan dari materi possession ball adalah mengembalikan feeling ball pemain. Menurutnya, hal ini sangat penting karena anak asuhnya sudah lama tidak berlatih bersama.

Aji juga mengungkap hal ini sudah sesuai rencana programnya yang berlanjut hingga minggu depan.

Aji menuturkan kondisi para penggawa Persebaya sangat baik perkembangannya. Ia juga mengapresiasi anak asuhnya karena menunjukkan sikap yang bagus sebagai pemain profesional.

“Mereka menunjukkan profesionalitas dengan cara memberikan yang terbaik untuk tim. Saya melihat itu dalam diri mereka dan saya bangga,” terangnya.

Untuk menerapkan beberapa menu latihan yang sudah dipelajari, Aji menutup latihan pekan kedua kemarin dengan mengadakan laga uji coba kontra Bintang Timur Surabaya. Hasilnya sangat memuaskan, Persebaya berhasil menggilas tim lawan 11-0 tanpa balas.

Namun, Aji tidak ingin melihat dari segi hasil. Menurutnya, yang paling penting adalah terjalin kerja sama antar pemain dan meningkatnya kondisi fisik setelah pertandingan.

“Uji coba seperti ini yang utama bukan melihat hasil, tetapi bagaimana kerja sama pemain dan kualitas fisik pemain. Hal utama yang saya perhatikan adalah bagaimana proses terjadinya gol dan bagaimana sentuhan akhir melakukan finishing, itu yang terpenting,” tegasnya.

Laga uji coba kali ini merupakan yang pertama bagi Persebaya setelah beberapa bulan tidak melakukan pertandingan. Setelah menang dengan skor telak, Aji meminta para pemainnya untuk tidak berpuas diri dan selalu bekerja keras.