Tiga Pekan TC, Jacksen Tiago Beberkan Kondisi Persipura

Pelatih klub Liga 1 Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago menyebutkan jika kondisi timnya saat ini sudah mengalami peningkatan drastis selama tiga pekan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang.

Jacksen mengaku, performa yang ditunjukkan oleh Boaz Solossa dan kolega dari hari ke hari terus mengalami perkembangan pesat.

Meskipun di tengah pemusatan latihan tersebut timnya harus kehilangan kiper utama, Dede Sulaiman akibat cedera ligamen, namun Jacksen mengklaim performa anak asuhnya sudah meningkat dari berbagai aspek.

“Perkembangan kita sudah sangat signifikan selama ini. Terlihat dari semua aspek yang kita punya. Semua pemain mengalami peningkatan sangat luar biasa pesat dalam keseharian,” ungkap Jacksen, Selasa (15/9/20).

Saat ini, pasukan Mutiara Hitam terus digenjot dengan sejumlah program latihan dengan intensitas tinggi sebelum menjajal lawan tanding menjelang lanjutan kompetisi Liga 1 2020, Oktober mendatang.

Hanya saja, selain Dede Sulaiman yang mengalami cedera, Jacksen juga menyebutkan jika striker mudanya, Marinus Wanewar juga belum dalam kondisi 100 persen pasca cedera.

Juru taktik berkebangsaan Brasil ini mengaku jika Marinus masih membutuhkan sedikit waktu untuk bisa benar-benar pulih dan berlatih normal bersama skuat Persipura Jayapura.

“Selain Dede yang baru saja alami cedera, kondisi Marinus Wanewar juga belum 100 persen, kelihatan bahwa dia masih pincang dan belum mencapai kondisi kesehatan yang sempurna,” jelas Jacksen.

Selebihnya, eks pelatih Persebaya Surabaya dan Barito Putera ini menyebutkan, sebagian besar pemain dalam skuadnya tetap menjalani program latihan dengan rutin, dua kali dalam sehari, kecuali Sabtu dan Minggu.

Boaz Solossa, Ricardo Salampessy dan Imanuel Rumbiak yang juga sempat mengalami cedera ringan kini mulai bergabung dalam sesi latihan bersama rekan-rekannya.

“Saat ini sebagian besar pemain sudah bergabung, kecuali Dede Sulaiman yang cedera,” kata Jacksen.

Pada akhir pekan kemarin, Jacksen bersama staf pelatihnya mengajak skuat Mutiara Hitam bermain basket. Tujuannya untuk memberikan penyegaran mental agar para pemain tak larut dalam kejenuhan akan porsi latihan yang berlebih.

“Kami memilih bermain basket untuk memberikan penyegaran mental dan aspek psikologis terhadap pemain,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam lanjutan Liga 1 2020, Persipura Jayapura akan langsung berhadapan dengan juara musim 2018 lalu, Persija Jakarta pada 3 Oktober 2020 mendatang.