Shopee Liga 1: Yunan Helmi Berbagi Tips Menghadapi COVID-19 untuk Andri Ibo

Bek Persik Kediri, Andri Ibo, dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 dan tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Kilisuci, Kota Kediri. Meski hasil swab test terkonfirmasi positif COVID-19, pemain asal Papua itu dalam kondisi sehat.

Dukungan kepada Andri Ibo pun datang dari berbagai kalangan, terutama insan sepak bola Indonesia. Dukungan moral mereka berikan kepada pemain yang kini menekuni hobi fotografi itu, satu di antaranya datang dari Yunan Helmi, asisten pelatih Barito Putera yang juga sempat terinfeksi COVID-19 pada awal pandemi.

“Saya membaca berita Andri Ibo yang sedang mendapat ujian dari Tuhan berupa COVID-19. Saya ikut prihatin, sekaligus bersyukur karena kondisinya sangat sehat. Ini poin bagus bagi Andri Ibo, karena otomatis daya tahan tubuhnya pun kuat,” ujar Yunan Helmi.

Asisten pelatih Barito Putera yang pernah diisolasi akibat COVID-19 ini pun berbagi tips mengatasi paparan virus yang besar dampaknya terhadap pernapasan itu.

“Jika sudah masuk tahap isolasi, kuncinya hanya satu, yakni rasa optimistis. Selama berada di Barito Putera, saya tahu Andri Ibo adalah tipe sosok yang optimistis. Insyaallah dia mampu melewati masa tidak nyaman ini dan kembali sehat,” ujarnya.

Untuk bisa membangun rasa optimistis itu, Yunan Helmi menyarankan agar Andri Ibo terus berpikir positif dalam menjalani kesehariannya.

“Pikiran positif itu yang menimbulkan rasa optimistis. Andri Ibo harus percaya kepada kuasa Tuhan dan diri sendiri, bahwa akan mampu melewati ujian ini dengan baik,” ujar Yunan Helmi.

Selain itu, asisten pelatih Barito Putera itu juga meminta agar Andri Ibo tetap menjaga kebugaran dengan olahraga ringan di dalam kamar meski dalam situasi terisolasi.

“Untuk menjaga kebugaran, Andri Ibo harus tetap bergerak. Soal yang ini, saya merasa dia pasti sudah memahaminya, mengingat dia adalah olahragawan. Ia tahu gerakan atau senam yang baik untuk menjaga kestabilan tubuh. Terakhir, salam dari teman-teman di Barito Putera, semoga Andri Ibo bisa segera keluar dari rumah sakit dan beraktivitas lagi bersama Persik,” ujarnya.