Shin Tae-Yong & Bima Sakti Ubah Program Latihan

Program latihan timnas Indonesia U-19 yang telah dirancang dipastikan mengalami perubahan. Penundaan Piala Asia U-19, jadi penyebab utama manajer pelatih skuad Merah Putih Shin Tae-yong, mengubahnya.

Awalnya, Piala Asia U-19 dilangsungkan di Uzbekistan pada Oktober 2020, ditunda ke awal tahun depan. Penundaan tersebut diumumkan konfederasi sepakbola Asia (AFC), setelah menggelar rapat komite eksekutif, empat hari lalu.

Belum berakhirnya pandemi virus corona di sejumlah negara menjadi landasan AFC menunda Piala Asia U-19. Terlalu berbahaya bila tetap melangsungkan ajang tersebut sesuai dengan jadwal.

“Saat ini timnas U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Kroasia, sebenarnya ini merupakan persiapan mengikuti Piala Asia U-19 bulan Oktober di Uzbekistan. Namun setelah diundur kami langsung mengubah program latihan timnas U-19,” kata Tae-yong dikutip laman resmi PSSI.

Sejak akhir Juli lalu, timnas Indonesia U-19 sudah melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Ada 27 dari 28 pemain yang dipanggil untuk ambil bagian dalam agenda tersebut.

Hanya Elkan Baggott yang belum bergabung dalam TC timnas Indonesia U-19. Ia absen lantaran masih membela klubnya di Inggris, Ipswich Town U-18, dan diperkirakan terbang ke Kroasia akhir September ini.

Selama berada di Kroasia, timnas Indonesia U-19 juga mengikuti turnamen International U-19 Friendly Tournament. Dari tiga pertandingan yang dimainkan pasukan Garuda Muda selalu gagal meraih kemenangan.

Timnas Indonesia U-19 dihajar Bulgaria tiga gol tanpa balas, dan dihantam Kroasia dengan skor 7-1. Lalu pada laga terakhir turnamen tersebut mampu menahan Arab Saudi, 3-3.

Bukan hanya timnas Indonesia U-19 yang mengubah program latihannya. Timnas Indonesia U-16 juga mengalami nasib serupa setelah Piala Asia U-16 yang dilangsungkan di Bahrain, ditunda.

Semula Piala Asia U-16 berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020. Namun, AFC memutuskannya diundur ke awal tahun depan karena alasan yang serupa seperti Piala Asia U-19.

“Tentunya ini keputusan terbaik yang dilakukan AFC. Kami tentu akan mengubah dan menyesuaikan program pemusatan latihan untuk timnas U-16. Rencananya kami akan berkumpul 20 September mendatang,” kata pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti.