Persib Berpeluang Rekrut 4 Pemain U-20, Ini Alasan Robert Rene Alberts

Uji coba Persib Bandung kontra Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (12/9/2020) batal digelar.

Padahal ajang itu, rencananya digunakan pelatih Robert Rene Alberts untuk melihat kemampuan teknik dan mental empat pemain U-20 yang tengah menjalani seleksi.

Uji coba dengan Bhayangkara FC sebenarnya bakal jadi penilaian akhir Ardi Maulana, Ravil Shandyka, Syaiful, dan Kakang Rudianto.

Apakah mereka pantas berseragam Persib untuk memenuhi regulasi dua pemain U-20 yang harus masuk daftar susunan pemain (DSP) pada lanjutan Liga 1 2020 atau tidak?

Namun karena uji coba batal digelar, asalkan tidak ada cedera bawaan, peluang keempatnya bergabung dengan Persib terbuka lebar.

“Kami akan mendiskusikannya besok,” kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (11/9/2020).

“Kelihatannya positif. Mereka punya peluang bagus untuk direkrut. Tetapi, kami harus melihat kondisinya secara keseluruhan,” tuturnya.

Melihat waktu yang sudah terlalu mepet, terlalu berisiko untuk memulangkan kuartet pemain U-20 tersebut dan mengundang pemain lain untuk seleksi.

Alumni Garuda Select Kakang Rudianto (tengah) berlatih bersama Persib Bandung pada persiapan lanjutan Liga 1 2020.
Sisa waktu 23 hari jelang kick-off lanjutan Liga 1 2020, lebih strategis dimanfaatkan untuk mematangkan keempat pemain tersebut. Mereka pun bisa mengerti karakter bermain Persib.

Apalagi sejak awal, Robert membutuhkan empat pemain muda. Itu sudah terpenuhi dengan kehadiran Ardi, Ravil, Syaiful, dan Kakang.

“Saya memang menginginkan ada empat pemain muda U-20 untuk tim senior Persib pada musim ini,” ucap Robert.

Alasannya, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, semisal cedera atau hukuman kartu, buntut jadwal kompetisi yang ketat.

“Dalam setiap laga lanjutan Liga 1 2020, dua pemain harus masuk DSP,” ujar Robert Rene Alberts.

“Dikhawatirkan dalam perjalanan tim, ada yang mengalami cedera dan mendapat sanksi. Jadi kamu butuh empat pemain,” Robert menuturkan.

“Apalagi, Beckham Putra Nugraha masih fokus bersama tim nasional pada sisa musim ini. dan melakukan persiapan intensif untuk Piala Dunia U-20,” pelatih berpaspor Belanda menegaskan.