Kiper Persib Bandung I Made Wirawan Ingin Bisa Seperti Gianluigi Buffon

Penjaga gawang Persib Bandung asal Bali, I Made Wirawan, berhasrat mengakhiri kariernya di Persib. Tak hanya itu, Made pun punya keinginan besar untuk kembali membawa Persib juara sebelum mengakhiri karier professionalnya.

Ketika ditanya lebih spesifik lagi tentang di usia berapa Made akan pensiun, penjaga gawang asal Gianyar ini akan mempertimbangkannya saat menginjak usia 40 tahun. Ini berarti, Made akan mulai memikirkan itu pada musim 2022 nanti.

“Sampai saat ini, saya belum berpikir untuk pensiun selama badan saya masih sanggup untuk berada di level teratas. Target saya sampai 40, setelah itu saya akan lihat lagi kondisi fisik saya apakah masih bagus dan kalau seperti itu, saya akan tetap main. Mudah-mudahan masih bisa mian beberapa tahun lagi,” ujar Made.

“Target sebelum pensiun, pastinya ingin juara lagi bersama Persib. Saya ingin mengulang momen indah di 2014. Mudah-mudahan kami bisa meraihnya lagi. Untuk pensiun saya belum memikirkan, tapi kalau seandainya saya bisa pensiun di Persib, itu adalah hal yang sangat luar biasa bagi saya,” ujar Made menambahkan.

Meski sudah memikirkan target usia pensiun yakni pada usia 40 tahun, Made pun tak menutup kemungkinan untuk berkarier lebih lama lagi. Pertimbangan Made pun tak lepas dari kisah inspirasi idolanya yakni Gianluigi Buffon yang masih tetap berkarier hingga usianya melebih kepala empat.

“Buffon salah satu idola saya dari sejak di Parma. Saya lihat bagaimana dia bermain, dari muda sampai sekarang masih di level tertiggi. Kalau saya bisa mengikuti jejak seperti itu, sangat luar biasa bagi saya,” ujar Made.

Menjelang bergulirnya kembali Liga 1 2020, Made pun menyampaikan rencana jangka pendeknya. Ia ingin selalu membuat catatan nirbobol saat diturunkan.

“Sebagai kiper, pastinya ingin cleansheet di setiap pertandingan. Khususnya saya, kalau memang diberi kesempatan bermain lagi, ingin lebih daripada musim lalu,” tutur Made.

Di musim lalu, Made yang diturunkan 31 kali mampu membuat 12 kali catatan nirbobol. Sementara di musim ini yang sudah berjalan tiga pekan, Made sempat diturunkan satu kali saat berhadapan dengan PSS Sleman (15/3) namun gagal membuat catatan nirbobol.

Kesempatan Made untuk bisa meraih posisi penjaga gawang utama Persib di musim ini pun sedikit terusik. Pasalnya, Persib telah mendatangkan Teja Paku Alam dari Semen Padang yang sudah diturunkan dalam dua laga awal Liga 1 2020 sampai akhirnya cedera dan digantikan Made dalam laga melawan PSS Sleman.