Butuh Data Akurat Kebugaran Fisik, PSS Sleman Siapkan Tes Kedua

Pekan ini, PSS Sleman berencana kembali menggelar tes fisik. Ini untuk mengetahui perkembangan kebugaran tim berjulukan Elang Jawa tersebut.

Selama dua pekan terakhir, tim pelatih PSS telah memberikan berbagai menu latihan kepada para pemain, termasuk juga menu pengembalian performa.

Secara kasat mata, pelatih fisik PSS Sleman, Danang Suryadi, sudah melihat adanya perkembangan kebugaran pemain yang cukup signifikan.

Namun demikian, Danang membutuhkan tes fisik untuk mengukur peningkatan kondisi fisik Bagus Nirwanto dan kawan-kawan secara akurat dan presisi.

Sebelumnya, tim pelatih PSS juga telah menggelar tes fisik pada masa awal persiapan. Tes ini untuk mengukur kondisi pemain setelah absen berkompetisilima bulan.

“Jadi, jika dilihat secara kasat mata ada peningkatan kualitas secara fisik,” ujar Danang Suryadi pada Senin (14/9/2020).

“Namun, untuk mengetahui seberapa kemajuannya, harus ada tes fisik kedua sebelum masuk kompetisi,” ia menambahkan.

Danang menyebut, tim pelatih selalu menjalin komunikasi dengan pelatih kepala, Dejan Antonic, yang sampai saat ini masih berada di Hong Kong.

Dari penjelasan Danang, Dejan tak memberikan target khusus soal level kebugaran yang harus dimiliki anak asuhnya.

Akan tetapi, pelatih asal Serbia itu hanya menuntut adanya perkembangan dalam setiap sesi latihan, hingga kompetisi kembali bergulir.

“Jajaran tim pelatih sudah berkoordinasi dengan coach Dejan Antonic soal perkembangan fisik,” katanya.

“Menurut coach Dejan, tidak ada target fisik harus di level berapa, tetapi yang penting ada progres menjelang pertandingan,” ia menambahkan.

Pada lanjutan kompetisi, Liga 1 2020, Persebaya Surabaya bakal menjadi lawan pertama yang akan dihadapi PSS Sleman.

Duel antara PSS Sleman dan Persebaya bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (1/10/2020), mulai pukul 18.30 WIB.

Laga ini merupakan pertandingan pekan keempat, karena sebelum tertunda pada Maret lalu, Liga 1 2020 telah memasuki pekan ketiga.