Ipswich Town Belum Izinkan Elkan Baggot Bergabung dengan Timnas U-19

Pencinta sepak bola Indonesia yang penasaran dengan penampilan Elkan Baggot bersama timnas U-19 tampaknya harus bersabar.

Sebab, pemain keturunan Indonesia-Inggris itu belum bisa bergabung dengan rekan-rekannya di Kroasia. Sebab, Elkan masih tidak diizinkan berangkat ikut training camp timnas U-19 selama sebulan ini.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Dia mengungkapkan, PSSI sudah mengirimkan surat izin kepada klub Elkan, Ipswich Town. Mereka baru mengizinkan pemain 18 tahun tersebut bergabung akhir bulan ini. ’’Mungkin tanggal 28 mendatang bisa bergabung dengan timnas,’’ paparnya.

Namun, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan, PSSI terus meminta agar Elkan bisa bergabung dengan TC timnas U-19 di Kroasia secepatnya. Selain pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong ingin melihat kemampuan Elkan secara saksama, pelatih asal Korea Selatan itu ingin mengamati permainan Elkan dalam laga uji coba.

Apalagi, setelah pertandingan terakhir di turnamen internasional melawan Arab Saudi pada 11 September mendatang, timnas U-19 akan menjalani beberapa laga uji coba lagi. Beberapa tim lokal di Zagreb bersiap menghadapi timnas U-19. Sebut saja Dinamo Zagreb. ’’Tim itu cukup kuat,’’ ujar Iwan Bule.

Iwan Bule menjelaskan, timnas U-19 sendiri saat ini memang kekurangan pemain. Beberapa pemain dari 27 pemain yang saat ini berlatih di Kroasia mengalami cedera. Salah satunya Jack Brown yang sama sekali belum bisa merasakan TC bersama rekan-rekannya di Kroasia.

Pemain yang juga berdarah Indonesia-Inggris itu menghabiskan banyak waktu untuk latihan mandiri. Dia belum bisa mengikuti latihan yang dijalankan Shin Tae-yong.

Iwan Bule mengungkapkan, cedera yang dialami Jack Brown sebenarnya sudah membaik. Saat ini, Jack sudah bisa berjalan walaupun memang masih dalam pemantauan. ’’Tim sedang menunggu izin dari dokter apakah bisa segera dimainkan atau ikut latihan. Yang jelas, Jack sudah ikut beberapa latihan,’’ bebernya.

Atas dasar itulah, Iwan Bule berharap Ipswich Town mengerti kondisi timnas U-19. Dia juga menyadari betapa pentingnya Elkan bagi tim yang saat ini berada di League One (divisi ketiga) Liga Inggris tersebut. ’’Ya saya hanya bisa berharap Elkan bisa secepatnya bergabung bersama dengan timnas,’’ ujarnya.

Iwan Bule juga mencoba menjawab mengenai banyaknya kritik perihal tayangan live selama uji coba timnas U-19 di Kroasia. Menurut dia, kerja sama yang dilakukan PSSI dengan salah satu televisi berbayar tersebut sudah mendapat izin dari Shin Tae-yong.

’’Dia mengizinkan agar masyarakat Indonesia bisa melihat perkembangan timnas U-19. Harapannya agar semua mengerti pembentukan tim tidak bisa instan. Ada proses di dalamnya yang harus dijalankan,’’ ucapnya.