Reaksi Teco Pasca Resmi Dihentikannya Piala AFC Tahun Ini

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya mengambil keputusan untuk menghentikan kompetisi Piala AFC 2020. Keputusan tersebut didapat setelah rapat Komite Eksekutif AFC yang digelar secara virtual, Kamis (10/9) kemarin.

Adapun alasan terkait dibatalkannya Piala AFC 2020 yaitu berdasarkan pertimbangan soal situasi pandemi virus corona yang belum juga mereda sampai saat ini, terutama di negara-negara Asia.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka sudah dipastikan kiprah dua wakil Indonesia di Piala AFC 2020, Bali United dan PSM Makassar resmi terhenti. Keduanya memang baru menjalani tiga laga di penyisihan grup G dan H.

Terkait hal tersebut, pelatih kepala Bali United, Stefano “Teco” Cugurra pun angkat bicara. Kendati tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya, namun ia cukup mengerti dengan keputusan berat yang akhirnya diambil oleh AFC.

“Ya, tahun ini benar-benar tidak bagus untuk kami. Bali United tidak bisa main di dua kompetisi internasional yaitu Piala AFC dan ASEAN Club Championship. Pastinya saya pribadi merasa kecewa,” kata Teco hari Jumat (11/10).

“Semua yang ada di tim pasti mau berprestasi di kompetisi internasional. Tapi saya juga mengerti keputusan dari AFC. Mudah-mudahan Bali United bisa ikut kompetisi di level internasional lagi tahun depan,” imbuhnya.

Saat ditanya apakah dengan dihentikannya Piala AFC akan menguntungkan Bali United untuk persiapan Liga 1, pelatih asal Brazil tersebut dengan tegas menyebut bila timnya sama sekali tidak merasa diuntungkan.

“Saya rasa tidak ada yang diuntungkan dari dihentikannya Piala AFC. Kami pastinya ingin main di Piala AFC. Tapi apapun itu, sekarang kami harus fokus pada persiapan ke Liga 1,” tutupnya.

Bali United sendiri akan memulai lagi perjuangan mereka di kompetisi Liga 1 2020 dengan menghadapi Persikabo pada hari Minggu (4/10) mendatang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.