Tak Kunjung Datang, Jacksen Tiago Mulai Abaikan Arthur Cunha

Persipura Jayapura mulai jenuh menanti Arthur Cunha da Rocha. Hal tersebut diungkapkan pelatih Persipura, Jacksen Ferreira Tiago.

Sejak Persipura menggelar pemusatan latihan di Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel, Kota Batu, Malang, pada 24 Agustus, Arthur tak kunjung muncul.

Bahkan, pelatih asal Rio de Janeiro, Brasil tersebut, mulai fokus menyiapkan skema kuartet lini belakang Persipura tanpa nama Arthur Cunha.

“Saya tidak tahu persis kapan Arthur Cunha berangkat dari Rio de Janeiro, Brasil ke Indonesia dan langsung bergabung tim di Kota Batu,” kata Jacksen Fereira Tiago.

“Saya juga tidak paham ada masalah apa sehingga dia belum juga bisa berangkat. Ya, hanya dia dan agennya yang tahu,” ucap Jacksen kepada Skor.id, Senin (7/9/2020).

Karenanya mantan pelatih Persebaya ini mulai fokus menyiapkan komposisi tim, khususnya lini pertahanan tanpa sosok pemain pinjaman dari Arema FC itu.

“Sejak dulu saya bekerja seperti itu. Konsestrasi dan fokus yang ada saja. Tidak memikirkan yang tidak ada,” pelatih yang tiba di Indonesia sejak 1995 ini menjelaskan.

“Kalau Arthur Cunha datang bergabung latihan, barulah saya berpikir untuk beberapa hal lain, tim ada dia. Sampai sekarang kan dia belum datang,” katanya.

Adapun Arthur Cunha mengalami kondisi yang sama dengan Sylvano Dominique Comvalius, yakni terkendala pengurusan dokumen keimigrasian dan protokol kesehatan.

Terbitnya Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 11 Tahun 2020 yang melarang sementara orang asing (WNA) memasuki Indonesia, jadi kendala.

“Fokus saya untuk laga Liga 1 2020, 3 Oktober melawan Persija, di Stadion Gajayana. Soal materi pemain saat ini sudah lebih siap,” ujar Jacksen.

Minus Arthur Cunha da Rocha di lini belakang, Persipura masih memiliki tujuh materi pemain lokal mumpuni untuk memperkuat lini pertahanan.

Mereka adalah Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun, Yustinus Pae, Israel Wamiau, Donny Haroid Monim, Imanuel Rumbiak, dan David Kevin Wato Rumakiek.