Jelang Kompetisi, APPI Jalin Komunikasi Dengan PT LIB

Sekitar satu bulan lagi, kompetisi lanjutan Shopee Liga 1 2020 akan digulirkan. Ada 18 klub yang akan berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional tersebut. Rencananya kompetisi akan diputar lagi mulai 1 Oktober 2020 dan berakhir 28 Februari 2021.

Fakta itu menjadi perhatian serius Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI). Pada Selasa pagi (26/8), APPI berkunjung ke Kantor PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional di Indonesia.

Dari pihak APPI diwakili oleh General Manager APPI, Ponaryo Astaman, Presiden APPI, Firman Utina, Wakil Presiden APPI, Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu dan Janes Silitoga, legal APPI. Sementara dari PT LIB ditemui Direktur utama Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional, Sudjarno.

Dalam pertemuan tersebut, APPI menyampaikan informasi banyak hal tentang persoalan-persoalan umum yang terjadi pada pebola profesional di Indonesia. Baik itu pemain-pemain yang berlaga di Shopee Liga 1 2020 maupun di Liga 2 2020.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut, APPI meminta informasi dari PT LIB terkait rencana bergulirnya kompetisi lanjutan pada musim ini. “Salah satunya, kami meminta penjelasan kepada LIB bagaimana protokoler kesehatan yang akan dilakukan. Baik ketika tim menjalani latihan atau pada saat pertandingan nanti. Bagaimana pun, niat kami sama. Bisa melanjutkan kompetisi,” jelas Ponaryo Astaman.

PT LIB menyambut positif kedatangan APPI. Operator kompetisi sepak bola profesional di tanah air tersebut juga menjelaskan banyak hal-hal teknis yang sudah dan akan dilakukan menjelang bergulirnya semua kompetisi. “Kami menjelaskan banyak hal. Terutama terkait aspek kesehatan. Semuanya kami informasikan secara detail,” jelas Sudjarno.

“Pertemuan dengan APPI ini baru permulaan. Kami berharap ada pertemuan atau diskusi berikutnya. Niat dan tujuan kita sama. Memajukan sepak bola Indonesia,” tambah Akhmad Hadian Lukita.