Jacksen F Tiago Sudah Punya Plan Cadangan Untuk Persipura Jayapura

Persipura Jayapura telah menggelar persiapan jelang bergulirnya lanjutan Liga 1 musim ini di Batu, Malang, sejak beberapa hari lalu. Masih ada satu pemain asing, Arthur Cunha, yang belum bergabung.

Semenjak kompetisi dihentikan pada pertengahan Maret lalu, karena pandemi virus corona, Arthur memutuskan meninggalkan Indonesia. Ia pulang ke negara asalnya Brasil.

Sedangkan dua pemain asing Persipura Thiago Amaral dan Takuya Matsunaga, sudah ikut berlatih. Sementara Sylvano Comvalius, memilih tidak lagi menjadi bagian dari skuad Mutiara Hitam.

“Arthur mungkin akhir bulan [Agustus], Comvalius mengundurkan diri. Manajemen masih mengatur kembalinya Arthur karena dia memilih pulang saat pandemi. Taki, Thiago dan saya tetap tinggal di Indonesia. Orang dari luar mau masuk Indonesia lebih rumit prosesnya,” kata pelatih Persipura Jacksen F Tiago dikutip laman Liga Indonesia.

“Semua akan balik, tapi saya jujur ya dari awal saya melihat peraturan dari dalam negeri. Saya susun materi tanpa mereka berdua karena saya berpikir mereka akan susah masuk ke Indonesia. Karena awal ketat sekali peraturannya,” Jacksen menambahkan.

Jacksen menjelaskan telah menyiapkan plan bila ada kendala terjadi pada timnya. Menurutnya, hal tersebut biasa dilakukannya karena situasi persepakbolaan nasional sulit diprediksi.

“Saya sudah berpikir dan saya selama bekerja selalu berpikir skenario terburuk itu sudah dari dulu. Sehingga kalau terjadi sesuatu bisa menjalankan plan lain. Sehingga jika Arthur ada masalah untuk kembali saya sudah punya rencana lain,” ucapnya.

“Kemarin saya lihat pemain Brasil banyak yang sudah masuk ke sini terus pemain Persib [Bandung] juga sudah balik sehingga mereka pasti bisa juga. Tinggal lihat nanti saja,” ia menambahkan.

Dalam lanjutan Liga 1, Persipura terpaksa mengungsi dari Stadion Mandala, karena PSSI menggelar seluruh pertandingan di Pulau Jawa. Klub asal Papua tersebut memilih Stadion Gajayana, untuk menjamu lawan-lawannya.

Sebetulnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyiapkan Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Stadion Sultan Agung, Bantul, untuk kandang klub dari luar Pulau Jawa. Akan tetapi, Persipura punya alasan sendiri lebih memilih berkandang di Malang.

Dijadwalkan Liga 1 dimulai pada 1 Oktober mendatang. Semua pertandingan dilangsungkan tanpa kehadiran penonton, untuk mencegah ada yang terinfeksi virus corona karena penyebarannya masih belum berhenti.

Terakhir kali Persipura menjalani pertandingan di Liga 1 musim ini, pada 13 Maret 2020. Klub yang identik dengan warna merah dan hitam tersebut berhasil membawa pulang poin penuh dari markas Persebaya Surabaya, lewat kemenangan 4-3.