Mantan Pemain Timnas Indonesia Dukung Rencana Naturalisasi

Rumor naturalisasi pemain Brasil menarik perhatian Peri Sandria. Mantan pemain Timnas Indonesia tersebut menilai tak ada yang salah dari kebijakan naturalisasi.

Saat ini ada lima pemain muda Brasil yang datang ke Tanah Air. Mereka disebut-sebut akan memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021

“Yang penting dari pemain naturalisasi adalah kualitas. Selama dia bisa mengangkat performa tim, saya merasa sah-sah saja pemain naturalisasi masuk tim nasional,” Kata Peri, Senin (24/8/2020).

Meski demikian, PSSI diminta untuk tidak asal comot pemain. Sosok yang bakal dinaturalisasi harus memiliki skill di atas rata-rata.

“Jangan mentang-mentang ‘kulitnya’ berbeda terus dimasukkan saja. Jangan memprioritaskan pemain naturalisasi. Setidak-tidaknya harus melewati proses seleksi juga,” ujar pria yang pernah memperkuat Persib Bandung

Sementara itu, pendapat berbeda dikemukakan Seto Nurdiantoro. Pelatih PSIM Yogyakarta tersebut mendukung talenta-talenta lokal untuk bersaing di Piala Dunia U-20 2021.

“Saya pikir Piala Dunia U-20 menjadi kesempatan menunjukkan potensi lokal di hadapan pegiat sepak bola internasional. Bukan berarti saya alergi dengan naturalisasi. Tetapi saya lebih menyukai pemain-pemain asli Indonesia,” ujar Seto

“Saya lebih bangga jika timnas diperkuat pemain lokal meski pada akhirnya tidak lolos dari fase grup daripada melaju jauh dengan pemain-pemain naturalisasi. Sebab bagi saya, tujuan utama timnas kelompok umur bukanlah kemenangan atau prestasi, melainkan bagaimana mengembangkan kreativitas, teknik, taktik, dan meningkatkan kepercayaan diri pemain,” tuturnya.