Shopee Liga 1 2020: Bagaimana Nasib Lima Pemain Baru asal Brasil?

Ada lima pemain Brasil yang telah bergabung ke klub-klub Shopee Liga 1 2020. Nasib mereka kini jadi tanda tanya karena PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator sudah menegaskan tak menambah kuota pemain asing.

Kedatangan kelima pemain Brasil itu awalnya disebut-sebut sebagai bagian dari wacana naturalisasi dalam proyek Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 mendatang. Tapi PSSI sudah membantah hal ini.

Pada praktiknya, sejauh ini paling tidak audah ada lima pemain Brasil yang bergabung ke Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United. Mereka adalah Thiago Apolina Pereira-Maike Henrique Irine De Lima (Persija), Hugo Guilherme Corre Grillo-Pedro Henrique Bartoli (Arema), dan Robert Junior Rodrigues Santos (Madura United).

Di satu sisi, kuota pemain asing Persija sudah terisi penuh oleh Rohit Chand, Marko Simic, Marco Motta, dan Marc Klok. Sementara kuota pemain asing Madura United diisi oleh Jaimerson da Silva Xavier, Jacob Pepper, Emmanuel Oti, dan Bruno Matos.

Sesuai regulasi dari PT LIB, klub Shopee Liga 1 2020 hanya boleh memiliki empat pemain asing. Rinciannya tiga pemain asing bebas dan satu pemain Asia.

Hanya Arema dari tiga klub tersebut yang masing punya slot pemain asing. Slot pemain Singo Edan saat ini tersisa dua setelah melepas Jonathan Bauman dan Oh In-kyun.

Pemain asing yang tersisa di Arema saat ini adalah Elias Alderete (Argentina) dan Matias Malvino (Uruguay). Itupun keduanya berstatus pemain asing bebas, sehingga Arema harus mencoret salah satunya agar dua pemain asing Brasil bisa didaftarkan.

Nah terkait hal itu, PT LIB memastikan tak akan menambah kuota pemain asing pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. PT LIB tetap melanjutkan aturan yang sudah ada sebelumnya.

“Tidak ada penambahan kuota dan slot pemain asing. Jadi, kalau soal pendaftaran pemain asing, berapapun usianya tetap mengikuti prosedur pemain asing sesuai dengan regulasi awal,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

“Wah, kalau permasalahan itu (isu naturalisasi) kami tidak tahu. Bukan ranah PT LIB juga soalnya,” ujarnya menambahkan.

Dua dari lima pemain muda asal Brasil di atas sudah pernah muncul dalam presentasi PSSI bersama IDN Times beberapa waktu lalu. Keduanya adalah Maike Henrique Irine De Lima dan Pedro Henrique Bartoli.

Selain itu, ada juga nama Leozao TB yang namanya sempat dimunculkan PSSI. Namun belum ada kabar apakah dia juga akan bergabung ke salah satu klub Shopee Liga 1 2020. Isunya, bukan cuma Persija, Arema, dan Madura United yang akan menampung pemain-pemain muda Brasil. Bisa saja Leozao TB juga akan segera bergabung menyusul rekan-rekan senegaranya.

(krs/yna)