Jacksen F Tiago Bangga Pernah Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, bersyukur cita-citanya menjadi juru taktik Timnas Indonesia pernah terwujud.

Jacksen F Tiago baru saja mengungkapkan pengalamannya ketika melakukan live di Instagram bersama dengan PSSI Pers. Ia didapuk mejadi pelatih kepala Timnas Indonesia pada 18 April 2013 lalu.

Saat itu, pelatih berdarah Brasil berusia 52 tahun tersebut ditunjuk oleh PSSI supaya membantu Timnas Indonesia lolos ke ajang Piala Asia 2015.

Meski hanya mendampingi tim Garuda sebanyak empat kali di laga resmi, Jacksen mengaku sangat bersyukur bisa memperoleh pengalaman luar biasa.

“Memang cita-cita saya dari dulu jadi pelatih dan saya punya rencana untuk menjadi di Timnas Indonesia. Saat itu juga saya berpikir untuk melatih dimana dulu baru nanti kembali ke Indonesia,” kata Jacksen.

“Akhirnya saya ditunjuk jadi pelatih timnas tapi juga pelatih Persipura saat itu. Dan saya tetaptanggung jawab ya. Saya mendampingi timnas Indonesia di sebuah event yang resmi di mana kami bersaing untuk gelar juara. Tapi waktu itu saya cuma mendapat tugas empat kali pertandingan,” tuturnya menambahkan.

Diketahui, ketika itu Jakcsen diberikan kesmepatan untuk mendampingi Timnas Indonesia berlaga di ajang Kualifikasi Piala Asia 2015.

Saat dikomandoi oleh Jacksen, timnas mencatat satu kali imbang dan kalah 0-1 dari China. Kemudian saat melawan Irak Indonesia takluk 0-2, serta kalah dari Arab Saudi.

Hasil buruk tersebut membuat Timnas Indonesia gagal berlaga di Piala Asia 2015. Sementara itu, Jacksen F Tiago terpaksa harus lengser dari kursi pelatih dan memilih fokus ke Persipura Jayapura.