5 Profil Pemain Belia Brasil yang Disebut Masuk Program Naturalisasi

Sepak bola Indonesia belakangan digegerkan dengan munculnya lima pemain belia Brasil yang disebut akan masuk program naturalisasi. Lantas bagaimana latar belakangnya?

Belakangan memang tiba-tiba ada lima pemain belia asal Brasil datang ke Indonesia. Mereka ialah Maike Henrique, Thiago Apolina Pereira, Pedro Henrique Bartoli Jardim, Hugo Guilherme Correa Grillo, dan Roberth Junior Rodrigues Santos.

Maike Henrique dan Thiago Apolina berlatih bersama Persija Jakarta. Pedro Henrique dan Hugo Guilherme resmi diperkenalkan oleh Arema FC. Lalu yang terakhir Madura United turut mengumumkan kedatangan Roberth Junior.

Berikut profil singkat 5 pemain belia Brasil yang masuk program naturalisasi yang  dirangkum:

Maike Henrique

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, sempat membeberkan kalau Maike Henrique ini pernah bermain untuk Paulista. Namun, sempat menelusuri kalau Maike pernah bermain untuk klub bernama A.A.E.C Guarulhos.

Dia bahkan sempat main saat Guarulhos melawan Projeti Social Futebol dalam kompetisi Copa DJR Lbertadores de Base 2019. Guarulhos sendiri merupakan klub di Kota Guarulhos, terpadat kedua di Brasil setelah Sao Paulo.

Thiago Apolina Pereira

Sama, Farias menyebut kalau Thiago Apolina Pereira pernah main dengan anaknya, yakni di Corinthians. Memang, dia tercatat sempat memperkuat Corinthians U-17. Sebelum Corinthians, dia jua sempat main di Parque Sao Jorge. Dia disebut sebagai salah satu pemain belia Brasil yang masuk program naturalisasi.

Pedro Henrique Bartoli

Pedro Henrique Bartoli Jardim masih berusia 19 tahun. Dia tercatat sebagai striker klub GD Chaves U-19 yang berkompetisi di Portugal Liga Juniores U-19 musim 2019-2020. Sebelum akhirnya dia ke Indonesia.

“Saya pikir ini peluang bagus bagi saya. Ini kesempatan bagus untuk bisa bermain di tim nasional Indonesia. Tentu saja, ini juga pengalaman bagus bagi saya pribadi. Saya datang ke sini untuk bermain sepak bola,” kata Pedro Bartoli, dikutip Wearemania.

Hugo Guilherme Correa Grillo

Hugo Guilherme Correa Grillo masih berusia 18 tahun. Diceritakan, dia disebut pernah membela Gilherme Correa Grillo berposisi sebagai bek yang sebelumnya merumput di Cuiaba Esporte Clube U-20.

“Dengan senang hati saya menerima tawaran itu. Jujur saya sudah nyaman di sini (Indonesia) tentu saya juga ingin bermanfaat dan membantu negara ini. Apalagi Arema klub besar. Saya sudah tahu hal ini ketika saya akan bergabung dengan tim ini,” kata Hugo.

Roberth Junior

Roberth Junior merupakan pemain berposisi Striker. Dia memiliki tinggi yang cukup jangkung, yakni mencapai 196 centimeter dengan berat 83 kilogram. Sebelum diperkenalkan Madura United, dia pernah memperkuat Corinthians. ROberth jua disebut sebagai salah satu pemain Brasil yang masuk program naturalisasi

“Mendatangkan pemain asing usia muda bagian dari proyek investasi Madura United FC. Saat pertama kali mendatangkan Emmanuel Oti Essigba dengan usia 23 tahun, kami sempat mendapatkan pernyataan dan pertanyaan usianya yang masih muda untuk pemain asing,” kata Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

football5star.com