Soal Naturalisasi Pemain Untuk Piala Dunia U-20, Ini Kata Aji Santoso

Isu naturalisasi sejumlah pemain muda asing untuk timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021, menjadi perbincangan hangat publik. Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso, memberikan komentarnya.

Munculnya isu tersebut setelah tiga klub Liga 1, Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United, mendaratkan pemain asing muda secara tiba-tiba. Legiun impor tersebut seluruhnya berasal dari Brasil.

Aji menyatakan para pemain tersebut tak bisa langsung menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mesti ada berbagai proses yang dilalui untuk memegang paspor Tanah Air.

“Menurut saya dilihat dulu itu untuk naturalisasi atau untuk main di klub? Salah satu syarat naturalisasi harus tinggal di Indonesia lima tahun berturut-turut,” kata Aji saat dihubungi awak media.

“Jadi bagaimana caranya kalau baru datang sudah proses naturalisasi. Jadi menurut saya kita lihat dulu perkembangan ke depan. Kita jangan berandai-andai dulu. Mari kita lihat beberapa hari ke depan,” Aji menambahkan.

Di sisi lain mantan juru formasi Persela Lamongan tersebut menyatakan Piala Dunia U-20, jadi panggun untuk para pemain timnas Indonesia menunjukkan aksinya. Mata pencita sepakbola di seluruh negara bakal tertuju ke ajang tersebut.

“Akan lebih baik pemain-pemain kita sendiri yang banyak diberikan kesempatan tampil di Piala Dunia karena belum tentu kita bisa jadi tuan rumah lagi,” ucap sosok berusia 50 tahun tersebut.

PSSI sudah membatah dengan isu naturalisasi pemain tersebut. Federasi sepakbola Indonesia tersebut menyatakan kehadiran pesepakbola asal Brasil itu merupakan keinginan klub masing-masing.

Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menyebut tidak berpikir menaturalisasi pemain untuk Piala Dunia U-20. Ia lebih memilih memanggil pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri.

Pada pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19, yang digelar di Jakarta, Tae-yong sudah memanggil dua pemain keturunan Indonesia. Mereka adalah Elkan Baggott dan Jack Brown.

Tae-yong pun menyebut bakal terus memantau pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri. Bila ada yang sesuai dengan kriterianya bakal dipanggilnya untuk membela skuad Garuda Muda.Respons Aji Santoso Soal Naturalisasi Pemain Untuk Piala Dunia U-20, Ini Kata Aji Santoso19Aji SantosoAji Santoso naturalisasinaturnatur’naturalisasi aji