Madura United: Invasi Pemain Asing Muda Harus Diapresiasi

Rombongan pemain muda asal Brasil datang ke Indonesia untuk membela sederet klub Liga 1, di antaranya Arema FC, Madura United, hingga Persija Jakarta. Setidaknya ada lima pemain Brasil, dengan usia belasan tahun.

Arema menjadi klub pertama yang sudah meresmikan dua pemain asing tersebut, bernama Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli, yang berposisi sebagai bek dan juga striker, dengan usia 18 dan 19 tahun.

Sementara Madura United kedatangan striker jangkung setinggi 196cm, bernama Robert Junior Rodrigues Santos yang masih berusia 19 tahun. Mereka akan melihat kualitas dari Robert terlebih dahulu, sebelum menyodorkan kontrak.

Bagi klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut, kedatangan para pemain muda untuk membela klub Liga 1 semestinya mendapat kredit dari berbagai pihak. Lantaran, suatu hal yang langka kompetisi Indonesia dihuni oleh pemain impor dengan usia muda.

Memang belakangan invasi pemain muda Brasil ini mendapat sorotan dan prasangka bahwa ini adalah proyek dari PSSI menyambut Piala Dunia U-20 2021. Para pemain U-20 ini digadang bakal dinaturalisasi untuk timnas Indonesia U-20.

“Sekarang yang harus diapresiasi mestinya dari banyak pihak adalah klub kedatangan pemain muda asing. Ini harus diapresiasi,” tegas Haruna Soemitro, direktur utama Madura United, dikutip laman resmi klub.

“Selama ini kita kedatangan pemain asing selalu usia-usianya di atas 30 tahun. Ini ada pemain kelahiran 2001 datang, ini bagi Madura investasi luar biasa. Karena Madura menganggap pemain itu sebagai aset yang kami petik nantinya,” sambung Haruna.

“Kami juga mengantisipasi, kalau slotnya masih ada ya kami seleksi. Kalau slotnya tidak ada, barangkali ada pemain asing yang tidak deal dengan renegosiasi kontrak, ya kami akan isi ini dengan pemain baru,” sambung anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Haruna Soemitro mendukung penuh perekrutan pemain asing dengan usia muda

Di sisi lain, manajer sekaligus pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, memberi pandangan positif terkait kedatangan pemain muda ini. Bagi sosok yang karib disapa RD tersebut, ini adalah proyek jangka panjang dan belum tentu bisa dimaksimalkan musim ini.

“Saya memproyeksikan pemain muda ini untuk jangka panjang. Bagus kalau bisa menyesuaikan dengan tim ini. Tapi kami tentu melihat kualitasnya seperti apa, dan akan memulai latihan seperti pemain yang lain. Kalau adaptasinya cepat, tidak menutup kemungkinan akan bergabung di kompetisi ini.”