Bocoran Pengamat: Pemain Brasil Calon Naturalisasi Timnas U-20 Indonesia Level B Timnas Brasil

Menurut info yang diperoleh dari pengamat sekaligus wartawan sepak bola senior, M Nigara, para pemain Brasil calon naturalisasi timnas U-20 Indonesia termasuk level B pemain yang disiapkan timnas Brasil.

Kabar mengenai rencana PSSI untuk menggunakan jasa pemain naturalisasi asal Brasil di skuat timnas U-20 Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021 mendatang kini semakin menyebar.

Rumor ini menyeruak ketika PSSI diundang dalam webinar bersama IDN Times dan Menpora Zainudin Amali bertajuk “Ngobrol Seru Indonesia Menyambut Menyambut Piala Dunia U20 2021 dan Restart Liga 1”, yang diunggah di channel Youtube IDN Times pada 10 Juli 2020.

Salah satu slide PSSI menampilkan rencana untuk naturalisasi pemain Brasil untuk masuk ke skuat timnas U-20 Indonesia.

“Kita akan melakukan cara-cara luar biasa untuk meraih prestasi pada Piala Dunia U-20 2021.”

“Termasuk dimungkinkan melakukan nasionalisasi/naturalisasi pemain usia emas sebagai pesepak bola,” begitu keterangan yang tertera pada slide PSSI.

Namun, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan memilih melewati presentasi slide tersebut, dan beralih ke penjelasan slide selanjutnya.

Dalam slide tersebut juga terdapat 3 pemain Brasil yang dipampang bernama Leozao, Pedro dan Maike Henrique.

Kini, dua nama yang terpampang di slide tersebut, masing-masing Pedro dan Maike telah bergabung dengan Arema FC dan Persija Jakarta.

Tidak hanya mereka berdua, BolaSport.com mencatat sudah ada 5 pemain muda Brasil yang ikut dalam latihan 3 klub Liga 1 2020, Arema FC, Persija Jakarta dan Madura United.

Mereka adalah:

Pedro Henrique Bartoli Jardim – Arema FC (19)
Hugo Guilherme Correa Grillo – Arema FC (18)
Thiago Apolina Pereira – Persija Jakarta (19)
Maike Henrique Irine De Lima – Persija Jakarta (19)
Robert Junior Rodrigues Santos – Madura United (19)

Kedatangan para pemain muda Brasil calon naturalisasi itu sebelumnya juga sudah pernah dibocorkan oleh pengamat sekaligus wartawan sepak bola senior, M Nigara saat melakukan wawancara bersama Tribun Jabar di channel Youtube Tribun Jabar Video pada 30 Juli lalu.

Berbicara mengenai kemungkinan naturalisai pemain keturunan, Nigara juga menyebut akan ada gelombang pemain muda Brasil yang akan datang dan siap membela timnas U-19 Indonesia.

Gelombang pemain muda asal Brasil ini sejatinya adalah pemain yang disiapkan oleh Negeri Samba itu untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2021.

Hanya saja, mereka yang tak lolos seleksi diperkenankan untuk direkrut oleh negara lain termasuk Indonesia.

“Lalu ada juga beberapa pemain naturalisasi yang siap masuk ke Indonesia. Yang saya dengar pemain-pemain dari Brasil ada sekitar 5 atau 6 orang,” tutur Nigara.

“Mereka dari klub-klub yang kondang, ada Sao Paulo, Corinthians. Anak-anak ini termasuk 200 anak-anak seusianya yang disiapkan Brasil untuk Piala Dunia.”

“Tetapi kemudian 200 itu diterima semua tetapi levelnya A dan B. Menurut saya, level B-nya saja sudah di atas kita. Kita nggak perlu malu menggunakan itu,” tambahnya.

PSSI sendiri membantah bahwa kedatangan para pemain muda Brasil berhubungan dengan persiapan timnas U-19 Indonesia untuk ajang Piala Dunia U-20 2021.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri pada Kamis (20/8/2020).

“Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub-klub Liga 1,” ujar Indra Sjafri, dikutip BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

“Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” ujarnya.

Indra Sjafri menegaskan bahwa saat ini timnas U-19 Indonesia sedang fokus melakukan training center (TC) di Jakarta sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-19 pada Oktober 2020.

“Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala AFC U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain,” kata Indra Sjafri.

1 Comment

  1. Naturalisasi harus pemain yg jelas dan dijamin masuk klub top eropa itupu klub yang punya tradisi juara dan jadi tim inti di klub. bukan nanti setelah di naturalisasi bermain di liga indonesia

Comments are closed.