10 Pemain Tertua Timnas Indonesia, Naturalisasi Mendominasi

Membela timnas Indonesia bukan hanya soal rezeki atau takdir. Ada kemauan, tekad, gairah, pengorbanan, juga konsistensi permainan.

Tanpa konsistensi, kesempatan niscaya melayang. Agar konsisten hingga usia senja karier sepak bola, diyakini salah satu kuncinya adalah ketahanan tubuh.

Dalam artian, pemain yang ingin berkarier hingga usia tak lumrah dan masih tetap dalam performa terbaik, harus menjaga nutrisi agar punya tubuh prima.

Karena itu pula, dari 10 pemain tertua timnas Indonesia dalam ajang internasional yang dibukukan FIFA, lima di antaranya diisi pemain naturalisasi.

Siapa sajakah 10 pemain tertua timnas Indonesia? Berikut adalah hasil rangkuman Skor.id yang dikumpulkan dari sejumlah data dan dokumen:

Pemain tertua timnas Indonesia yang tampil dalam ajang internasional adalah Alberto Goncalves, yakni saat tampil pada 15 Oktober 2019.

Pemain berdarah Brasil ini tampil saat timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Saat itu Indonesia menyerah 1-3.

Dalam pertandingan tersebut usia pemain kelahiran 31 Desember 1980 itu adalah 38 tahun 287 hari. Ini sekaligus mematahkan rekor Hendro Kartiko.

Ya, Beto, sapaan Alberto Goncalves, mematahkan rekor Hendro Kartiko yang telah bertahan selama sembilan tahun, yakni sejak 15 November 2011.

Dalam laga terakhirnya dalam agenda A FIFA itu, Hendro Kartiko tampil sebagai starter. Sayang timnas Indonesia dipaksa menyerah 1-4 oleh Iran.

Saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam ajang Pra Piala Dunia 2014 itu usia Hendro Kartiko adalah 38 tahun 204 hari. Selisih 83 hari dengan Beto.

Pemain tertua ketiga timnas Indonesia adalah striker naturalisasi asal Aruguay, Cristian Gonzales. Peristiwa itu tercipta dalam pertandingan Piala AFF 2014.

Tepatnya dalam pertandingan melawan Laos, di Hanoi, Vietnam, pada 28 November 2014. Dalam laga ini timnas Indonesia unggul dengan skor 5-1.

Saat itu usia El Loco, julukannya, 38 tahun 89 hari. Sayangnya, kiprah timnas Indonesia dalam Piala AFF 2014 tidak gemilang alias tak lolos babak grup.

Berikutnya ada kiper Bali United, Wawan Hendrawan. Spiderwan, julukan kerennya, terakhir kali membela timnas Indonesia pada 10 Oktober 2019.

Yakni dalam pertandingan Pra Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab. Wawan jadi pilihan sebab Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho tampil tak memuaskan.

Dalam laga yang berakhir dengan kekalahan, skor 0-5 tersebut, usia Wawan adalag 36 tahun 275 hari. Ini laga debut sekaligus laga pemungkasnya sejauh ini.

Selepas 2013, sejatinya tak ada yang menyangka Yustinus Pae akan kembali memperkuat timnas Indonesia, sebab banyak bek kanan muda yang dianggap lebih potensial.

Namun, saat Simon McMenemy jadi pelatih timnas Indonesia pada 2019, bek Persipura penyandang status one man club ini kembali dipanggil Negara.

Selama 2019 Yustinus tampil empat kali, yang salah satunya jadi rekor tertua, yakni saat jumpa Thailand pada 10 September 2019. Ketika itu usianya 36 tahun 83 hari.

Pemain tertua timnas Indonesia keenam adalah Otavio Dutra. Bek naturalisasi berdarah Brasil ini membukukan catatan ini pada 19 November 2019.

Dutra menjadi bagian timnas Indonesia saat menjamu Malaysia dalam pertandingan Pra PIala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam laga ini timnas Indonesia dipermalukan tuan rumah dengan skor skor 0-2. Pada saat tampil, usia bek Persija Jakarta ini adalah 35 tahun 362 hari.

Winger asal Semarang ini menutup kariernya bersama timnas Indonesia dalam pertandingan Piala AFF 2014 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Tepatnya dalam pertandingan melawan Loas, yang berakhir dengan skor 5-1, pada 28 November 2014. Laga penutup ini sama dengan Cristian Gonzales.

Sayangnya, karier cukup gemilang Ridwan bersama timnas Indonesia ditutup dengan kegagalan melaju ke babak semifinal. Saat itu usia Ridwan 34 tahun 142 hari.

Berikutnya ada striker naturalisasi asal Nigeria, Greg Nwokolo. Sama seperti Otavio Dutra, Greg terakhir kali membela timnas Indonesia pada 19 November 2019.

Ya, terakhir kali Greg mengenakan seragam berlambang burung garuda di dada pada pertandingan Pra Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Pertandingan yang berakhir 0-2 untuk kekalahan timnas Indonesia itu, Greg berusia 33 tahun 319 hari. Saat ini Greg tampil sebagai pemain pengganti.

Kesembilan, ada Osas Saha. Sama juga seperti Otavio Dutra dan Greg Nwokolo, Saha terakhir kali tampil membela timnas Indonesia pada 19 November 2019.

Pemain yang musim ini membela PSM Makassar ini mendapat kepercayaan dari Yeyen Tumena, karteker pelatih timnas Indonesia saat kalah 0-2 dari Malaysia.

Menariknya, Osas tampil sejak menit pertama sebelum akhirnya diganti. Pada saat starter bersama timnas Indonesia, usia Osas Saha adalah 33 tahun 41 hari.

Terakhir, ada kiper Persib Bandung, I Made Wirawan. Laga pemungkas Made Wirawan bersama timnas Indonesia tercipta pada 28 November 2014.

Ya, dalam pertandingan pemungkas Piala AFF 2014, melawan Laos di Vietnam, dengan kemenangan 5-1. Saat itu usianya nyaris 33 tahun atau 32 tahun 362 hari.

Dengan kata lain, tiga pemain tertua kelahiran Indonesia adalah kiper, satu bek, dan satu winger, sisanya empat striker naturalisasi, dan satu bek naturalisasi.