Shin Tae-yong Panggil Bek Muda Persebaya Syukran Arabia Samual ke Timnas U-19, Siapa Dia?

Shin Tae-yong masih belum berhenti mencicipi pemain baru ke pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19. Kali ini, pelatih asal Korea Selatan itu memanggil Syukran Arabia Samual.

Pemanggilan kepada Syukran tertuang pada surat PSSI bernomor 1608/AGB/314/VIII-2020 perihal “Pemanggilan Pemain Timnas Indonesia U-19 Putra”. Surat tersebut ditujukan kepada manajemen Persebaya Surabaya, khususnya sekretaris tim, Ram Surahman.

Syukran diundang untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 hingga Minggu (16/8/2020) dalam rangka persiapan menuju Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Dalam surat tersebut, PSSI juga meminta Syukran untuk membawa paspor dengan masa aktif hingga April 2020. Dengan begitu, ada keyakinan bahwa bek berusia 17 tahun ini akan diboyong Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan di luar negeri.

Pada tahun lalu, Syukran bermain untuk Persebaya U-16 di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2019 U-16. Dia berhasil mengantar tim menduduki peringkat ketiga pada akhir musim.

Siapa Syukran?

Sebelum bergabung dengan Persebaya U-16, Syukran adalah anggota akademi klub Spanyol, Leganes 2018. Namun, kariernya di sana tidak berlangsung lama. Dia memilih untuk kembali ke Indonesia pada pengujung tahun.

Syukran lebih dulu bermain untuk Timnas Pelajar U-15 bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Bali International Football Championship (IFC) 2018 bersama kompatriotnya di akademi Leganes, Andrian Rudianto.

Pemuda asal Bojong Gede, Kabupaten Bogor ini didapuk sebagai kapten oleh pelatih Firman Utina. Di turnamen itu, Timnas Pelajar U-15 mampu dibawanya hingga babak final.