Persebaya Belum Nego Aryn dan Da Silva, Persela Deal Dua Pemain Asing

Lanjutan Liga 1 2020 dimulai 1 Oktober nanti. Tiga klub asal Jawa Timur, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, dan Madura United, mulai melakukan renegosiasi kontrak. Namun, belum semua renegosiasi kontrak pemain asing beres.

Di Persebaya, sebelumnya, striker asal Brasil David da Silva diduga kuat belum mendapat sodoran kontrak baru. Ternyata hal itu juga dialami pemain asing lainnya, Aryn Williams. Pemain asal Australia tersebut belum mendapatkan tawaran kontrak anyar. ’’Masih proses. Kami masih menunggu kejelasan detail protokol kesehatan dari PSSI,’’ kata Aggy Eka Ressy, agen Aryn Williams, kepada Jawa Pos.

Aggy juga tidak tahu kapan renegosiasi akan dilakukan. Pihaknya memilih menunggu kabar dari manajemen Persebaya. Soal aturan pemotongan gaji 50 persen, Aggy dan Aryn sudah mengetahui hal itu. Saat ditanya apakah Aryn menerima aturan tersebut, Aggy belum bisa buka suara. Karena itu, Aryn juga masih memilih tetap berada di Australia. ’’Belum tahu kapan balik ke Surabaya. Masih nunggu semuanya jelas dulu, Mas,’’ tambah alumnus Universitas Diponegoro tersebut.

Jika Persebaya masih menunggu protokol kesehatan, tidak demikian halnya dengan Persela. Manajemen Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– bergerak cepat. Empat pemain asing sudah diajak renegosiasi. Hanya, belum semua tuntas. Baru Gabriel do Carmo dan Marcos Vidal Cunha alias Marquinhos yang sudah ada kata sepakat dengan manajemen.

Lalu, manajemen juga melakukan renegosiasi dengan Rafael Gomes de Oliveira alias Rafinha. Hanya, hasilnya berbeda dengan dua pemain sebelumnya. ’’Rafinha belum (deal),’’ kata Agus Hariono, asisten manajer Persela, kepada Jawa Pos.

Meski begitu, pihak manajemen akan terus berupaya memuluskan negosiasi secepat mungkin. Lagi pula, manajemen tidak akan kesulitan dalam melakukan proses renegosiasi. ’’Karena tiga pemain asing (Gabriel, Marquinhos, dan Rafinha) semua sudah ada di Surabaya,’’ tambah Agus.

Lalu, bagaimana dengan Brian Ferreira? Belum ada kata sepakat dengan mantan gelandang PSS Sleman tersebut. ’’Untuk Brian, masih proses renegosiasi. Karena posisi dia saat ini juga masih di Argentina,’’ terang Agus. Sejak didatangkan, sampai saat ini mantan gelandang PSS Sleman itu belum pernah mendarat di Lamongan.

Madura United juga mulai melakukan renegosiasi kontrak. Hanya, belum ada deal. Termasuk dengan pemain asal Australia Jacob Pepper. Saat ini Jacob masih berada di Australia. ’’Saya masih akan berbicara dengan klub tentang kontrak ulang dan gaji. Baru setelah itu saya akan mengatur jadwal ke Indonesia sesegera mungkin,’’ ucap Jacob.

Soal renegosiasi kontrak yang gajinya bakal dipangkas hingga 50 persen, Jacob pun sudah mendengar kabar tersebut. Dia paham dengan situasi keuangan klub di tengah pandemi saat ini. Namun, Jacob belum membuat keputusan. ’’Setiap individu memiliki keadaan yang berbeda. Soal keputusan saya, itu adalah sesuatu yang harus saya bicarakan dulu dengan klub,’’ imbuh mantan pemain Brisbane Roar tersebut.