Ini yang Bikin Shin Tae-yong Kagumi Elkan Baggott

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melempar pujian buat Elkan Baggott. Pemain berdarah Inggris-Indonesia itu disebutnya bisa menjadi aset sepakbola Indonesia.

Elkan Baggott dipanggil PSSI untuk menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19 dari 23 Juli hingga 8 Agustus. Secara fisik, Elkan Baggott terbilang cukup mumpuni untuk menjadi andalan di lini belakang.

Tingginya yang mencapai 1,94 meter membuat pemain Ipswich Town U-18 itu tampil mencolok dibanding pemain Timnas U-19 lainnya. Kelebihan Elkan Baggott itu pun mencuri perhatian Shin Tae-yong.

“Memang untuk Elkan, saya mencari-cari referensi dan videonya saat dia bermain. Postur tubuhnya sangat baik sekali,” kata Shin Tae-yong dalam wawancara PSSI.

“Jika Elkan meningkatkan sedikit saja kemampuannya, itu akan menjadi bantuan besar buat sepakbola Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Pemain kelahiran 2002 itu hanya bisa sebentar menjalani latihan bersama Timnas U-19. Ia harus kembali ke klubnya karena masa pemanggilannya sudah habis.

PSSI sebenarnya sudah berusaha memperpanjang kebersamaan Elkan Baggott bersama Timnas U-19. Tapi Ipswich Town juga membutuhkan jasanya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi juga mengindikasikan bahwa Elkan Baggott juga tak bisa ikut pemusatan latihan jangka panjang. Mungkin ia hanya akan dilepas klubnya lagi jika terpilih masuk skuad Timnas U-19 di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan.

Timnas U-19 masih melanjutkan pemusatan latihan bersama Shin Tae-yong. Sejauh ini sudah ada 11 pemain yang dicoret oleh pelatih asal Korea Selatan itu, salah satunya pemain asal Persija Jakarta, Sutan Zico.