Bima Sakti Puji Fisik Pemain Timnas U-16 Usai Menang di Laga Ujicoba

Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan 2-0 atas SSB POR Uni Bandung pada laga uji coba yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (14/8/2020). Pelatih Bima Sakti puas dengan penampilan pemain dan memuji peningkatan kualitas fisik mereka.

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 melawan SSB POR Uni Bandung awalnya berjalan alot pada babak pertama. Namun, situasi berbeda berhasil tercipta pada babak kedua.

Timnas Indonesia U-16 tampil lebih agresif dan berhasil mencetak dua gol melalui aksi Ahmad Athallah Araihan pada menit ke-60 dan Mochammad Faizal Syaifullah pada menit ke-73. Meski demikian, Bima Sakti tak ingin berpatokan pada hasil pertandingan, melainkan kualitas permainan dari pemainnya.

“Kalau saya tidak berpatokan dari hasil dan jumlah gol. Terpenting adalah pemain sudah bisa berproses jadi lebih baik,” kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI.

“Ada peningkatan dari fisik mereka lebih bagus. Hubungan antar pemain makin erat. Memang pada babak pertama ada kesulitan, namun babak kedua lebih baik,” jelas Bima Sakti.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 sekaligus rangkaian laga uji coba ini dilakukan sebagai persiapan menuju Piala AFC 2020 yang akan berlangsung pada 25 November sampai 12 Desember mendatang. Alexandro Kamuru dkk. berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Masih Perlu Pembenahan

Pelatih Bima Sakti menilai, masih ada sejumlah aspek yang harus dibenahi oleh pemain Timnas Indonesia U-16. Perbaikan aspek-aspek tersebut ingin dilihatnya pada laga uji coba selanjutnya pada Jumat (21/8/2020).

“Masalah membangun serangan harus diperbaiki, kemudian organsisasi pertahanan harus lebih rapih lagi,” tegas Bima Sakti.

“Insyaallah, minggu depan di hari Jumat seperti ini, akan ada uji coba kembali. Rencananya melawan tim Asosiasi Kota (Askot) Bandung,” ucap Bima Sakti.