Tiga Laga Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia Ditunda

Asep Berlian tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Dia baru mendengar kabar bahwa tiga pertandingan timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2022 ditunda. Padahal, dia dan rekan-rekannya menjalani training camp (TC) dan berkumpul sejak 23 Juli lalu.

’’Mau bagaimana lagi. Sedikit kecewa juga karena kami sudah mempersiapkan ke arah sana. Tapi, kondisinya seperti ini. Ya sudah, ini memang terbaik untuk kami,’’ ujar Asep.

’’Yang penting, Shin Tae-yong (pelatih timnas, Red) sudah tahu kualitas saya. Tinggal menunggu kabar berikutnya. Sudah lumayan lama juga sama-sama di sini,’’ lanjut pemain Madura United tersebut.

Ya, kemarin AFC resmi menunda pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu tertulis dalam situs resmi AFC. Penundaan tersebut dipicu pandemi Covid-19. ’’FIFA dan AFC sepakat memutuskan bahwa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan Piala Asia 2023 yang awalnya dijadwalkan pada Oktober dan November direncanakan ulang pada 2021,’’ tulis AFC di situs resminya.

Dengan keputusan itu, tiga pertandingan sisa timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dibatalkan. Yakni, melawan Thailand pada 8 Oktober, Vietnam pada 13 Oktober, dan Uni Emirat Arab pada 12 November.

Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan pun angkat bicara soal penundaan tersebut. Meski dirugikan karena sudah ada persiapan, dia tetap menghormati keputusan AFC maupun FIFA.

Lantas, apa rencana PSSI untuk timnas? ’’Tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan terus berlatih untuk memberikan yang terbaik bagi timnas,’’ ucap Iriawan.