Soal Jack Brown Di TC Timnas U-19, Ini Kata Shin Tae-Yong

Pada sesi latihan timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, 13 Agustus, muncul pemain baru yang sudah tak asing lagi, yakni gelandang Indonesia keturunan Inggris, Jack Brown.

Pemain yang membela Lincoln City itu jadi nama terbaru yang dipanggil pada pemusatan latihan (TC) timnas U-19, setelah 11 pemain dipulangkan dari total 46 nama yang dipanggil.

Kini, ada 36 pemain yang mengikuti TC di Jakarta, dan salah satunya adalah Jack. Kehadiran Jack cukup dipertanyakan karena ia baru dipanggil saat ini, berbeda dengan pemain lain.

TC timnas U-19 bukan hal baru untuk Jack, karena ia pernah mengikuti TC di Cikarang pada Januari lalu. Kala itu, Jack gagal memikat Shin Tae-yong karena kesulitan adaptasi cuaca.

Tae-yong pun membeberkan alasan kenapa Jack kembali dipanggil dan diberi kesempatan pada TC kali ini. Manajer pelatih timnas Indonesia itu memberi angin kedua untuk Jack.

“Memang kami sudah pernah lihat dia [Jack] di Cikarang. Namun saat itu Jack Brown tidak banyak waktu adaptasi [dengan cuaca] di sini [Indonesia],” ungkap Tae-yong.

“Sebelum pemusatan latihan ke luar negeri, saya ingin lihat dia. Saya memang minta dia datang,” kata arsitek yang pernah membesut timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut.

Direncanakan timnas U-19 bakal melakoni TC jangka panjang di luar negeri. Tae-yong ingin membawa para pemain terbaik ke sana, dan tidak bisa membawa seluruhnya demi efisiensi.

Moch Iriawan – Shin Tae-yong
TC kali ini menjadi kesempatan emas untuk Jack membuktikan diri kepada Tae-yong, sebagaimana pada Januari lalu ia merasa frustrasi karena minimnya waktu untuk beradaptasi.

Mulai dari persoalan jetlag, perbedaan waktu, hingga cuaca, membuat Jack sangat kelelahan pada TC di Cikarang, Januari lalu. Akhirnya, Jack pun tak masuk rombongan TC di Thailand.

Kesempatan ini tidak ingin disia-siakan Jack, yang sudah mempersiapkan diri untuk TC ini. Ia didampingi oleh Yahya Broer untuk berlatih. Putra dari Indah Brown ini sangat antusias dan bertekad untuk bisa berseragam Merah-Putih.

“Saya sangat senang dan siap untuk itu [bersaing]. Jadi, saya akan berusaha memberikan yang terbaik dan lihat saja nanti hasilnya,” tegas pemain yang masih membela Lincoln City U-18 ini.