Piala Asia U-19 dan U-16 2020 Dipastikan Tetap Bergulir Sesuai Jadwal

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 dipastikan mundur tahun 2021, tetapi untuk jadwal Piala Asia U-19 dan U-16 2020 rencananya tetap bergulir sesuai jadwal.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan bahwa jadwal pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 mundur karena adanya pandemi Covid-19, tapi tidak dengan Piala Asia U-16 dan U-19.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang mengatakan bahwa jadwal Piala Asia U-19 dan U-16 2020 tetap sesuai.

Menurutnya kabar terbaru dari AFC hanya soal mundurnya jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bakal diikuti oleh timnas Indonesia.

PSSI memastikan bahwa AFC sampai saat ini tetap menjadwalkan Piala Asia U-19 dan U-16 tetap sama.

“PSSI mendapat informasi dari AFC bahwa masih menjadwalkan turnamen Piala Asia U-19 dan U-16 2020 masih sesuai jadwal,” kata Mochamad Iriawan sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

“Namun demikian hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC,” ucapnya.

Jika dua kompetisi tersebut bakal bergulir sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh AFC sebelumnya.

Maka dipastikan Piala Asia U-19 2020 bakal berlangsung 14-31 Oktober di Uzbekistan.

Sedangkan untuk Piala Asia U-16 bakal dihelat pada 25 November hingga 12 Desember di Bahrain.

Namun, untuk itu pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa hal tersebut masih menjadi pembahasan AFC.

Sebab AFC juga masih memantau situasi dan perkembangan pandemi Covid-19 ini.

“Setiap federasi dari negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut. Hal ini sangat baik karena PSSI ada pak Endri Erawan yang menjadi anggota kompetisi AFC,” tutur Iwan Bule.

Sementara itu demi mempersiapkan dua kompetisi tersebut timnas U-19 dan U-16 Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Bekasi.

Timnas U-19 Indonesia menjalani latihan langsung dipimpin oleh Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

Di sisi lain untuk timnas U-16 Indonesia saat ini fokus menjalan latihan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi dengan dipimpin Bima Sakti.